January 12, 2016

Anggap Masih Diminati Pelanggan, XL Axiata Usung Layanan RBT Format Baru ‘MoodMusic’

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Anggap Masih Diminati Pelanggan, XL Axiata Usung Layanan RBT Format Baru ‘MoodMusic’  

MOBITEKNO – Menurut operator XL Axiata (PT XL Axiata Tbk (XL), layanan nada tunggu (nada sambung) atau dikenal juga sebagai RBT (ringback tone) masih diminati pelanggan. Pandangan ini sedikit berbeda dengan tren saat ini, dimana pelanggan seluler mulai jarang melakukan/merima panggilan suara (aktifnya RBT) dan lebih memilih mengunakan layanan chat/mesengger.

Meski RBT sempat dicap sebagai layanan VAS (Value Adedd Service) operator penyedot pulsa pelanggan pada tahun 2011-2012 lalu, XL Axiata menjamin format baru RBT bernama MoodMusic ini akan lebih ‘santun’ dalam menawarkan aktivasi layanan bagi calon pelanggan.

Inovasi layanan VAS perlu dilakukan operator, termasuk XL Axiata, agar bisa menjadi salah satu sumber pendapatan lain ditengah-tengah tren menurunnya penggunaan voice call (berbasis non-data) dan sms oleh pelanggan.

Menurut pihak XL Axiata, saat ini layanan RBT mereka telah berhasil merangkul sekitar 2,5 juta pelanggan, dari total sekitar 9 juta pelanggan layanan VAS. Ini berarti RBT masih menjadi layanan VAS (layanan tambahan di luar layanan utama operator) yang paling diminati.

Berdasarkan data tahun lalu, layanan RBT telah berkontribusi sekitar 30 – 40 persen dari pendapatan VAS XL Axiata tahun lalu. Menurut Herry Yulianto, Head of VAS XL Axiata, layanan VAS telah menyumbang sekitar 10-15 persen total pendapatan XL di tahun 2015.

XL Axiata berharap, dengan diluncurkannya layanan RBT format baru “MoodMusic” yang lebih unik, inovatif, dan fleksibel ini, pelanggan XL selama ini pun akan tetap loyal mengunakan jaringan XL.

Menurut Riza Racmadsyah, VP Brand management XL Axiata, fokus XL Axiata saat ini adalah menjaga kualitas layanan bagi pelanggannya yang telah ada selama ini agar tercipta loyalitas pelanggan yang berkesinambungan.

Pada rilis dari XL Axiata, M. A. Ali, Chief Revenue Management Officer XL, mengatakan, “Era digital telah melahirkan berbagai produk layanan digital yang bersifat entertainment, tapi pelanggan masih tetap mencari RBT sebagai ‘status’ pada penanda nada tunggu telponnya.”

“Hingga saat ini pun, RBT masih saja sebagai layanan VAS yang paling banyak diminati. Berdasarkan usulan dan ide para pelanggan, layanan inovatif ini kami hadirkan,” tambah M. A. Ali di Jakarta, Selasa (12/1/2016).

Layanan RBT MoodMusic adalah layanan nada tunggu/sambung bagi pelanggan XP untuk mengekspresikan ‘mood’ atau perasaannya melalui musik nada tunggu/sambung langsung di ponselnya. Pelanggan dapat memilih lagu yang diinginkan sesuai kondisi mood-nya dengan mengetik *123*555# di ponselnya.

Selain bebas mengganti sendiri lagu sesuai kondisi mood-nya, pengguna layanan RBT MoodMusic bisa mengganti atau meg-update lagu nada tunggu (sambung) mereka tanpa biaya ekstra selama masa langganan (mingguan atau bulanan).

Selain itu, perbedaan layanan MoodMusic dari layanan RBT lain adalah nada panggil di ponsel pelanggan (yang didengar pelanggan tersebut) juga bisa dipilih sesuai keinginan tanpa harus mendengar RBT pelanggan yang dihubunginya.

Kehadiran layanan MoodMusic, yang sebenarnya telah bergulir sejak 1 Desember 2015 ini, membuat pihak XL pun pasang target total pelanggan VAS RBT tahun ini. Apabila layanan RBT standarnya (sebelum RBT MoodMusic) saat ini telah mencapai 2,5 pelanggan, target optimisnya adalah akan ada penambahan pelanggan baru VAS RBT sebanyak 2,5 juta dari layanan XL Mood Music.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS