May 11, 2016

Selain Pencarian Lebih Mudah, Siaran Periscope Kini Bisa Ditonton Setelah 24 Jam

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Selain Pencarian Lebih Mudah, Siaran Periscope Kini Bisa Ditonton Setelah 24 Jam  

MOBITEKNO – Twitter merilis beberapa fitur baru yang cukup signifikan untuk Periscope yang telah diakuisisinya sejak awal tahun lalu. Aplikasi live broadcast ini cukup populer digunakan para jurnalis, musisi, atlet, dan masyarakat umum untuk berbagi kejadian yang sedang terjadi di sekitar mereka melalui streaming video.

Bebeberapa fitur tersebut antara lain fitur #save, fitur penyimpanan siaran otomatis, fitur ‘search’ baru, dan fitur integrasi dengan DJI drone. Semua fitur tersebut akan tersedia bagi pengguna Android dan iOS, kecuali fitur integrasi dengan DJI drone yang hanya didukung di platform iOS.

Fitur #save (iOS dan Android) bertujuan agar pengguna yang menyiarkan siaran Periscope masih tetap dapat disaksikan oleh pengguna lainnya (di Periscope dan Twitter), bahkan setelah 24 jam. Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup menggunakan tagar #save di judul siaran Periscope mereka.

Dengan fitur penyimpanan siaran otomatis Periscope, setiap broadcast video Periscope akan tersimpan permanen secara otomatis, baik di Twitter dan Periscope. Pengguna masih tetap memiliki opsi untuk menghapus siaran secara otomatis setelah 24 jam, jika memang diinginkan. Opsi ini bisa dikases di bagian Account Settings.

Tombol “search” kini bisa diakses melalui Global List sehingga pengguna dapat mencari siaran live atau siaran ulang berdasarkan topik atau judul siaran. Saat tombol “search” digunakan, akan muncul daftar topik yang sedang populer; seperti #Food, #Travel, #Music, dan #FirstScope — topik yang diciptakan untuk menyambut para broadcaster baru.

Pengguna cukup menekan tombol Broadcast dalam hasil pencarian topik untuk menambahkan tagar yang relevan, atau menambahkan tagar untuk judul siaran secara langsung. Informasi lebih lanjut dapat dibaca di Pusat Bantuan Periscope.

Pengguna perangkat iOS yan telah memiliki drone DJI akan tertatik dengan fitur baru Periscope yang mengintegrasinya dengan DJI drone. Meneruskan integrasi yang sudah dilakukan dengan GoPro HERO dan aktifnya fungsi siaran di DJI Drone, pengguna kini lebih mudah mencari siaran (live/replay) yang dilakukan melalui GoPro dan Drone.

Fitur baru ini juga akan memungkinkan pengguna melakukan siaran live melalui DJI drone. Dengan bird’s eye view, pengguna bisa melakukan narasi dan menggunakan fitur Sketch terbaru untuk menyorot pemandangan yang berbeda selama durasi siaran. Pengguna hanya perlu menghubungkan iPhone mereka dengan remote control dari drone tersebut.

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS