January 11, 2016

Produsen Fitness Tracker Fitbit Dituntut Karena Kurang Akurat Mendeteksi Jantung

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Produsen Fitness Tracker Fitbit Dituntut Karena Kurang Akurat Mendeteksi Jantung  

MOBITEKNO – Fitbit yang baru merilis fiteness watch, Fitbit Blaze, di ajang CES 2016, Las Vegas, AS, memghadapi gugatan hukum karena masalah akurasi sistem pendeteksi detak jantung pada produknya.

Menurut kabar dari The Verge, sekumpulan penggugat dari negara bagian California, Colorado, dan Wisconsin mengklaim bahwa teknologi pendeteksi detak jantung Fitbit yang disebut PurePulse tersebut bermasalah karena memilki ketidakakuratan yang siginifikan. Oleh karenanya, tindakan untuk mengetahui pasti kerugian material yang diperoleh akan seggera dilakukan oleh mereka.

Sejauh ini pihak Fitbit secara tegas membantah tuduhan tersebut. Mereka pun dan tetap bersikukuh untuk mempertahankan teknologi PurePulse yang digunakan selama ini terhadap berbagai tuntutan hukum dari berbagai pihak.

Meski demikian, Fitbit tetap memberi catatan bahwa tracker yang diusung Fitbit dirancang untuk menyediakan data yang bermanfaat bagi pengguna dalam membantu mencapai level kesehatan dan kebugaran penggunannya. Penggunaan Fitbit tidak dimaksudkan untuk penerapan ilmiah atau medis.

Pernyataan kedua Fitbit ini bisa dimaknai sebagai pembelaan mereka jika berhadapan dengan komplain atau tuntutan mengenai keakuratan teknologi pendeteksi detak jantungnya. Produk Fitbit, misalnya Charge HR memang tidak ‘steril’ dari keluhan pengguna saat pengguna sedang melakukan latihan atau istirahat terhadap keakuratan pengukuran detak jantungnya.

Perusahaan yang bermarkas di San Francisco, California, AS ini bukan pertama kali ini saja berhadapan dengan tuntutan mengenai produk smart tracking-nya. Bulan Mei lalu, Fitbit juga berhadapan dengan tuntutan hukum berkaitan dengan fitur monitor tidurnya.

Masalah tuntutan hukum bisa berdampak negatif bagi Fitbit dalam berbagai aspek. Misalnya harga sahamnya yang turun hingga 18 persen, padahal Fitbit baru memperkenalkan samrtwatch pendanya Fitbit Blaze di ajang CES 2016.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS