January 11, 2016

Paket Data Habis Saat ber-Netflix? Opera Max Tawarkan Solusinya

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Paket Data Habis Saat ber-Netflix? Opera Max Tawarkan Solusinya  

MOBITEKNO – Para pengguna social media di berbagai negara, termasuk Indonesia sedang seru-serunya membicarakan hadirnya layanan Netflix (hashtag #Netflixeverywhere) di negaranya.

Provider layanan on-demand video streaming yang menayangkan koleksi film dan serial TV populer yang lengkap via Internet ini telah bisa diakses secara global termasuk di Indonesia!

Setelah sekian lama menunggu, netizen di Indonesia kini bisa leluasa mengakses Netflix secara legal. Terlepas dari pro dan kontra yang mempersoalkan dampak negatifnya bagi industri dan masyarakat Indonesia, Netflix menjadi salah pilihan tontonan menarik bagi para netizen.

Serial TV produksi (original programs) Netflix cukup mendapat respons positif dari pemirsanya. Serial TV, seperti “Orange is the New Black” dan “Narcos” kini bisa dinikmati di 130 negara termasuk negara dengan jumlah pengguna perangkat mobile yang besar, seperti Indonesia.

Selain memiliki koleksi tayangan yang legkap, harga berlangganan Netflix pun relatif ‘bersahabat’ bagi kantong orang Indoensia, yaitu mulai dari Rp.109.000 per bulan. Netflix sebagai layanan berlangganan yang bisa dinikmati dari berbagai perangkat, mulai dari Smart TV, komputer, notebook, smartphone, tablet, hingga game console.

Apabila Anda lebih sering menonton Netflix di smartphone memakai koneksi jaringan seluler, hal yang patut diketahui adalah layanan streaming video ini bisa sekejap ‘menelan’ kuota data dari paket berlangganan mobile data operator Anda.

Estimasi besar data yang dipakai untuk menonton satu film di layanan Netflix berkualitas SD berkisar 700 MB per jamnya. Semakin tinggi kualitas gambar yang diinginkan, semakin besar pula besar data yang digunakan dan semakin cepat pula kuota Internet akan habis.

Oleh karena itu banyak yang menganjurkan agar Netflix sebaiknya digunakan melalui koneksi Internet dengan paket (true) unlimeted data saja. Benarkah hanya itu saja opsi solusinya?

Bagi Anda yang terlanjur menikmati tontotan Netflix di mana dan kapan saja dari smartphone masih ada solusi lain yang ditawarkan Opera melalui aplikasi Opera Max.

Opera menawarkan Opera Max bagi pengguna smartphone Android sebagai aplikasi gratis pertama di dunia yang dapat mengoptimalkan berbagai layanan streaming video dan musik di Internet.

Aplikasi Opera Max diklaim pembuatnya dapat menghemat konsumsi data Anda hingga 60 persen dari paket data operator ketika kita menonton Netflix. Ini berarti pengguna smartphone Adnroid yang sudah meng-install Opera Max dapat menonton film/serial TV dua kali lebih banyak (atau lebih lama) dengan paket mobile data internet yang sama!

Selain dapat menghemat pemakaian data melalui server khususnya, Opera Max juga dapat memblokir Netflix agar tidak menggunakan paket data operator ponsel dan hanya mengaktifkan koneksi via jaringan Wi-Fi.

 

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS