July 10, 2016

Atasi Kendala Bahasa, Alat Penerjemah Ini Segera Hadir di Telinga Anda

Penulis: Elizabeth Swanti
Atasi Kendala Bahasa, Alat Penerjemah Ini Segera Hadir di Telinga Anda  

MOBITEKNO – Pernah merasa bingung bagaimana mengatasi kendala bahasa dengan lawan bicara dari berbeda negara? Bagaimana jika Anda hanya berbicara bahasa Inggris tetapi Anda sedang berbicara dengan seseorang yang hanya berbicara bahasa Italia? Baik ketika sedang berbisnis ataupun berlibur, bahasa menjadi hal universal yang akan Anda temui dimanapun. Terutama karena tidak semua orang dikaruniai bakat untuk mempelajari banyak bahasa.

Dalam waktu dekat, masalah itu akan teratasi oleh Waverly Labs yang kini sedang ‘bekerja keras’ menyelesaikan proyek uji coba teknologinya yang akan meningkatkan komunikasi dengan menerjemahkan bahasa bagi pengguna. Pilot, nama alat ini dirancang dengan tujuan untuk merubuhkan hambatan bahasa.

Alat mungil ini tampak seperti teknologi yang ada dalam film-film sci-fi. Begitu mungilnya sehingga Anda dapat menggunakannya seperti earpiece di telinga Anda. Pilot memiliki perangkat lunak pengenalan suara yang mampu menerjemahkan suara di sekitar Anda dengan cepat, mengidentifikasi bahasa dari lawan bicara Anda, serta menggunakan dan menerjemahkan kata-kata mereka menjadi bahasa yang Anda mengerti. Keseluruhan proses ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik.

Versi Pilot saat ini masih dalam proses uji coba karena beberapa keterbatasan yang sedang dicoba untuk diatasi. Waverly Labs berharap untuk mengembangkan versi dari Pilot yang secara otomatis akan menerjemahkan apa yang didengarnya.

Meski alat ini masih tidak sempurna dan demikian juga terjemahannya, namun kabar baiknya adalah, perangkat yang ditanamkan dalam Pilot memiliki kemampuan belajar yang unik. Semakin sering Anda menggunakan alat ini, maka ia juga akan ‘semakin bertambah cerdas’. Saat ini, model uji coba Pilot tersedia untuk pre-order dengan harga berkisar US$ 250-300.

Tags: , , ,


COMMENTS