June 10, 2016

Apple Ingin Gantikan Sistem Kunci Konvensional dengan Smartphone?

Penulis: Desmal Andi
Apple Ingin Gantikan Sistem Kunci Konvensional dengan Smartphone?  

MOBITEKNO – Baru-baru ini sebuah laporan dari BBC menginformasikan Apple telah mendaftarkan paten dengan nama “Accessing Vehicles Using Portable Devices”. Hal ini berarti perusahaan raksasa asal Cupertino tersebut tampaknya memiliki rencana besar dan sedang mengembangkan inovasi yang cukup menarik untuk industri otomotif.

Dengan paten tersebut, hal ini menggambarkan misi Apple untuk menggantikan sistem kunci kendaraan konvensional dengan perangkat mobile seperti smartphone untuk menunci, menyalakan mesin, membuka bagasi, hingga mengaktifkan sistem audio dengan sistem nirkabel Bluetooth atau Wi-Fi. Hal ini tertulis jelas dalam deskripsi dari paten tersebut.

Namun, apakah sistem ini aman? Mengingat seluruh data yang bisa diakses melalui sistem cloud bisa menimbulkan risiko di-hack. Sebuah smartphone dengan akses kunci yang bisa terkoneksi dengan kendaraan membuat peluang baru bagi hacker untuk memindai kendaraan. Hacker bisa saja membuka garasi dari jarak jauh atau menonaktifkan sistem penguncian kendaraan. Apple bisa saja membawa gagasannya ini menjadi sebuah peluang baru untuk masalah car hacking.

Sampai saat ini masih belum jelas apakah rencana Apple ini akan diterapkan kepada mobil-mobil yang beredar saat ini atau akan diintegrasikan ke mobil khusus seperti “iCar”. Yang pasti, teknologi ini akan membawa cara baru yang memudahkan pengemudi mengakses kendaraannya dan pihak pembuatnya harus benar-benar memikirkan keamanan yang ada di sistem tersebut. Masalahnya, baru-baru ini mobil Mitsubishi Outlander PHEV yang dioperasikan dengan cara yang sama berhasil disusupi hacker untuk mengaktifkan sistem pintu mobil.

Tags: , , , ,


COMMENTS