July 9, 2016

Hebat! Google Self-Driving Car dapat Baca Sinyal Tangan Pengendara Sepeda

Penulis: Elizabeth Swanti
Hebat! Google Self-Driving Car dapat Baca Sinyal Tangan Pengendara Sepeda  

MOBITEKNO – Respon yang baik terus mendorong Googe untuk  memperluas kemampuan armada kendaraan self-driving nya. Baru-baru ini, Google melaporkan bahwa kendaraan otonom ini kini dilengkapi dengan sensor yang dapat membaca sinyal tangan pengendara sepeda.

Sensor yang bernama Onboard ini berfungsi untuk mengukur dan menafsirkan sinyal dari para pengendara sepeda. Tak hanya itu, Onboard juga mampu mengawasi ketika sepeda keluar dari jalur yang gelap, menghindarkan kendaraan dari kecelakaan yang mungkin terjadi.

"Sensor kami dapat mendeteksi sinyal tangan pengendara sepeda sebagai indikasi gerakan. Pengendara sepeda sering membuat sinyal tangan jauh sebelum giliran, dan perangkat lunak kami dirancang untuk mengingat sinyal sebelumnya dari pengendara sehingga dapat lebih mengantisipasi giliran pengendara di jalan," kata pihak Google sebagaimana dikutip melalui Engadget.

Sebelumnya, para pengendara sepeda harus mengalah ketika berhadapan di jalan dengan Google Self-driving car. Pasalnya, kendaraan ini hanya dirancang untuk membaca jalan dan kendaraan sejenisnya. Sejak diluncurkan pada tahun lalu, Google self-driving car baru mengalami satu kali kecelakaan ketika menabrak sebuah bus pada bulan Februari lalu dan tidak melibatkan korban jiwa dari kedua pihak.

Dengan menambahkan Onboard merupakan langkah yang strategis mengingat Google Self-Driving saat ini beroperasi dengan berbagi jalan dengan pengendara sepeda.

Tags: , , ,


COMMENTS