December 8, 2016

#RameDiTwitter, Kaleidoskop Indonesia 2016 ala Twitter

Penulis: Eko Lannueardy
#RameDiTwitter, Kaleidoskop Indonesia 2016 ala Twitter  

MOBITEKNO – Tahun 2016 menjadi tahun yang penuh warna-warni dengan berbagai momen menarik. Tak hanya yang berkaitan dengan kebudayaan dan olah raga, momen hiburan, politik hingga gerakan kemanusian juga ramai di jejaring sosial, tak terkecuali di Twitter.

Dengan sifatnya yang live dan conversational, Twitter menjadi tempat sebagian masyarakat dunia, termasuk Indonesia untuk mencari dan berbagi informasi terkini tentang apa yang sedang terjadi.

Dari momen global hingga kejadian di Tanah Air yang kemudian menarik perhatian dunia, Twitter menjadi bagian sentral dari berbagai hal yang terjadi di tahun ini.

Tertarik untuk mencari tahu? Semua momen atau peristiwa menarik di Indonesia selama tahun 2016 tersebut oleh Twitter dirangkum dalam satu hastag #RameDiTwitter.

""

Tahun ini, Golden Tweet dari Indonesia jatuh kepada Presiden Joko Widodo (@jokowi) yang mengekspresikan kebanggaannya terhadap pasangan bulu tangkis ganda campuran Indonesia yang sukses di Olimpiade Rio 2016.

Seperti kita ketahui bersama, pasangan ganda capuran Indonesia, Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir berhasil menyumbangkan emas untuk Indonesia. Kicauan Jokowi meraih lebih dari 18.200 Retweet.

Twitter juga mencatat momen paling influensial di Indonesia yang terjadi di tahun ini. Selain kemenangan Tantowi Ahmad dan Liliyana Natsir di Olimpiade Rio, ada juga Bulan Suci Ramadhan.

Momen lainnya yang juga tercatat oleh Twitter adalah perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71, Aksi Teroris di Sarinah dan Perhelatan UERO 2016.

Dari semua momen besar yang tercatat di tahun 2016, Twitter juga akhirnya merilis sepuluh tagar populer atau paling banyak digunakan. Tagar yang populer tersebut di antaranya #RI71, #KamiTidakTakut, #PrayForJakarta, #EURO2016 dan #LoveBTS. 

""

Twitter juga merilis akun-akun dengan pengikut terbanyak. Di tiga besar ada Agnes Monica (@agnezmo) yang memiliki follower sebanyak 16,1 juta, Raditya Dika (@radityadika) dengan follower sebanyak 14,6 juta dan Detik (@detikcom) dengan follower 13,7 juta.

Selain itu ada juga @TweetRamalan, @LunaMaya26, @sherinasinna, @Metro_TV, @SBYYudhoyono, @afgansyah_reza dan @Cinema21. Semuanya tercatat memiliki follower yang jumlahnya juga tak sedikit.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS