November 8, 2016

Setelah Marketplace, Facebook Tantang LinkedIn dengan Fitur Lowongan Kerja di Layanan Jejaring Sosialnya

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Setelah Marketplace, Facebook Tantang LinkedIn dengan Fitur Lowongan Kerja di Layanan Jejaring Sosialnya  

MOBITEKNO – Facebook (Facebook, Inc) sedang berada di puncak kejayaan. Setelah seminggu lalu melaporkan pendapatan kuartal ketiga 2016 mencapai US$ 7,01 miliar, raksasa jejaring social dengan 1,79 miliar pengguna ini baru saja ingin menyatakan bahwa mereka bukan hanya sekadar penyedia layanan untuk menjalin silaturahmi dengan teman lama, kerabat, atau kolegan.

Belum lama (6/11/2016), Facebook mengumumkan pengujian fitur yang memungkinkan administrator membuat, mem-posting lowongan pekerjaan, serta menerima surat lamaran dari pelamar pekerjaan tersebut. Terdengar seperti layanan LinkedIn? Benar atau tidak, masih perlu disimak lebih lanjut saat fitur ini sudah difinalisasi oleh Facebook.

""

Menurut rilis resmi Facebook seperti dilansir dari Reuters, tertulis "Berdasarkan apa yang kita amati di Facebook, banya pihak UKM mengumumkan lowongan pekerjaan pada halaman mereka. Jadi kami pun akan mencoba fitur ini bagi pada administrator untuk membuat kontent lowongan (job posting) dan menerima lamaran yang masuk dari para calon.”

Sebagian besar pendapatan layanan LinkedIn yang akan dibeli Microsoft senilai US$ 26,2 miliar ini bersumber dari mendapat most of its revenue from perekrut, job hunter, atau head hunter yang membayar secara bulanan untuk dapat memasang resume pekerjaaan dan menghubungkan berbagai pekerja profesional. Tidak heran jika LinkedIn kerap disebut sebagai social network untuk bisnis.

Dengan fitur Facebook untuk dunia kerja ini, perusahaan diharapkan akan menarik lebih banyak pengunjung (traffic) ke halaman Facebook mereka sekaligus mendapat dukungan Facebook untuk menyebarkan informasi lowongan ke berbagai kandidat yang dianggap cocok.

Fitur lowongan menambah fitur baru lainnya dari Facebook yang sebelumnya menghadirkan fitur jual beli Marketplace dan Gameroom sebagai platform gaming PC yang bersaing dengan layanan Steam.

Dengan segudang data yang dieksrak dari semiliar pengguna dan pundi-pundi raksasa yang terus menumpuk selama ini, sepertinya tidak ada kendala besar bagi facebook untuk mencoba berbagai inovasi di masa-masa mendatang.
 

Tags: , , , , ,


COMMENTS