July 8, 2016

Survei: Rata-rata Remaja Habiskan 3 Jam Menonton YouTube

Penulis: Elizabeth Swanti
Survei: Rata-rata Remaja Habiskan 3 Jam Menonton YouTube  

MOBITEKNO – Salah satu perubahan yang lebih signifikan dalam beberapa tahun belakangan ini adalah meningkatnya konten video online. Pada tahun 2011, diperkirakan terdapat sekitar 30 jam video yang diunggah ke YouTube setiap menit. Kurang dari setengah dekade angka ini naik lebih dari 1000 persen, dimana kini sekitar 300 jam video diunggah ke situs yang sama setiap menit.

Dalam survei yang dilakukan oleh Ericsson ConsumerLab selama kurun waktu 4 tahun (2011-2015) dengan 9 ribu responden usia remaja menghasilkan bahwa generasi baru memiliki kebiasaan akses pengalamamn video online yang sangat berbeda. Dalam hasil riset yang dipublikasikan baru-baru ini, lembaga riset tersebut mendapati bahwa sekitar 20 persen dari remaja berusia 16-19 tahun mengatakan bahwa mereka menghabiskan lebih dari 3 jam menonton YouTube setiap hari. Angka ini meningkat 7 persen dibanding pada tahun 2011.

Meski demikian, generasi yang lebih dewasa, dengan rentang usia 30-34 tahun ternyata tidak mengikuti perilaku ini dan hanya 9 persen dari responden yang menghabiskan 3 jam atau lebih mengakses YouTube setiap hari. Sementara, 46 persen dari mereka menghabiskan satu jam atau lebih di YouTube setiap hari. Platform yang digunakan juga bervariasi, dimana sekitar 59 persen dari responden mengakses YouTube melalui ponsel. 

Tags: , , ,


COMMENTS