February 8, 2016

Turnamen E-Sport AGES 2016 akan Libatkan Gamer dari Tujuh Negara ASEAN

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Turnamen E-Sport AGES 2016 akan Libatkan Gamer dari Tujuh Negara ASEAN  

MOBITEKNO – E-sport atau esport bisa dimaknai sebagai suatu bentuk olahraga yang berkaitan langsung dengan video game. Cakupan jenis game yang dimainkan mulai dari game RTS (real-time strategy), game fighting/arcade, FPS (first-person shooter), hingga MMOG (massively-multiplayer online) atau MOBA (multiplayer online battle arena).

Di Indonesia, asosiasi yang mewadahi komunitas gamer Indonesia yang menggeluti cabang e-Sport ini sudah dibentuk dengan nama IeSPA (Indonesian eSports Association). Asosiasi IeSPA merupakan bagian dari FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) yang telah diakui oleh Kemenpora (Kementerian Pemuda dan Olahraga), KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), dan KOI (Komite Olahraga Indonesia).

Sebagai langkah nyata dalam mempromosikan dan meningkatkan popularitas cabang olahraga e-Sport di kawasan ASEAN, Federasi E-Sport ASEAN (ASEAN Esports Confederation atau ACES) bersama asosisasi e-Sport di negara ASEAN, seperti IeSPA dari Indonesia, PeSO (Philippine eSports Organization), SCOGA (Singaporean Cybersports & Online Gaming Association), TESA (Thailand), ESV (Vietnam), dan ESC (Kamboja) akan menyelenggarakan ajang turnamen e-Sport tingkat ASEAN bernama ASEAN Games for eSports (AGES) 2016.

Turnamen AGES 2016 yang akan berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia mulai dari 18 hingga 20 Maret 2016 ini juga didukung oleh Kementerian Pemuda & Olehraga Malaysia, Kementerian Informasi dan Komunkasi Malaysia, dan Kementerian Pendidikan Malaysia.

AGES 2016 yang menawarkan hadiah total sebesar 1 juta Ringgit Malaysia (sekitar Rp 3,3 miliar) ini akan menjadi ajang kompetisi pertama di awal tahun 2016 bagi para atlet ‘cyber’ atau gamer dari tujuh negara ASEAN (Indonesia, Singapura, Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja, dan Malaysia).

Pada turnamen e-Sport yang diklaim terbesar di kawasan Asia Tenggara ini, para gamer akan dipertemukan unutk diadu kepiawaiannya dalam bermain game, seperti Dota 2 (jenis MMOG), Counter-Strike: Global Offensive (jenis FPS), dan FIFA ’16.

Menurut Mr. Kelvin Tan, Presiden SCOGA, kerjasama dengan berbagai asosiasi e-Sport ASEAN akan dilanjutkan di masa mendatang. Harapannya, eSport akan semakin dikenal, kesadaran budaya eSport meningkat di kalangan atlet, dan jalinan antar negara ASEAN pun akan semakin erat di masa mendatang.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS