December 7, 2016

CEO GO-JEK Terpilih Sebagai Orang Berpengaruh di Asia

Penulis: Eko Lannueardy
CEO GO-JEK Terpilih Sebagai Orang Berpengaruh di Asia  

MOBITEKNO – Nadiem Makarim, CEO dan Founder GO-JEK Indonesia belum lama ini telah menerima penghargaan “Asian of The Year”. Penghargaan tersebut diberikan kepada individu paling berpengaruh di Asia oleh The Strait Times, media terkemuka asal Singapura. Nadiem Makarim juga menjadi orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan bergengsi tersebut sejak penghargaan ini diberikan pada 2012.

“Fokus GO-JEK untuk meningkatkan kesejahteraan sektor informal dan di saat bersamaan membantu kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia telah berhasil mengubah pasar dan model bisnis yang selama ini berlaku. Saya dan keluarga besar GO-JEK Indonesia bangga bahwa komitmen dan fokus tersebut mendapatkan pengakuan dunia internasional melalui penghargaan Asian of The Year,” ungkap Nadiem.

Ditambahkan oleh Nadiem, GO-JEK juga berkontribusi terhadap industri keuangan berkat kehadiran GO-PAY yang membantu mengembangkan budaya cashless. Saat ini, GO-PAY juga diklaim terus mengalami peningkatan tren dalam hal penggunaan. Kedepannya, GO-JEK akan terus menghadirkan inovasi dan membantu membawa perubahan dan memudahkan masyarakat.

Penghargaan “Asian of the Year” diberikan kepada individu atau sekelompok individu yang berkontribusi secara signifikan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di negaranya atau di Asia. Sejumlah nama besar yang pernah menerima Asian of the Year adalah Lee Kuan Yew, Pendiri Singapura (2015); Narendra Modi, Perdana Menteri India (2014); Shinzo Abe, Perdana Menteri Jepang dan Xi Jinping, Presiden Cina (2013); serta Thein Sein, Presiden Myanmar (2012).

Tahun ini, The Strait Times memberikan penghargaan kepada tujuh (7) individu yang disebut “The Disruptors”. Mereka dipilih karena berhasil memanfaatkan teknologi untuk membantu jutaan orang di Asia dan mengubah model bisnis tradisional menjadi model bisnis baru yang menguntungkan masyarakat.  

Nadiem juga menyebutkan bahwa penghargaan tersebut akan menjadi motivasi bagi GO-JEK untuk terus menghadirkan inovasi yang dapat membantu meningkatkan kesejahteraan lebih dari 250.000 mitra driver roda dua dan roda empat, 3.000 penyedia layanan lain serta 35.000 merchant GO-FOOD. 

Sebelumnya, GO-JEK dan para mitra investornya KKR, Warburg Pincus, Farallon, dan Capital Group Private Markets berhasil memenangkan penghargaan Deal of the Year (Late Stage Technology) dari the Asian Venture Capital Journal (AVCJ), penyedia informasi terdepan di industri private equity dan venture capital. 

Penghargaan tersebut dianugerahkan untuk kesuksesan GO-JEK dalam menuntaskan putaran penggalangan modal senilai 550 juta dolar AS pada Agustus kemarin. Pada saat diumumkan, transaksi tersebut merupakan penggalangan modal satu-putaran terbesar oleh investor keuangan untuk perusahaan teknologi di Asia Tenggara, dan hingga saat ini tetap menjadi putaran investasi terbesar untuk GO-JEK. 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS