June 7, 2016

Di Jawa dan Bali, Nokia dan FiberStar akan Bangun Jaringan Kapasitas Tinggi dengan Teknologi 100G

Penulis: Desmal Andi
Di Jawa dan Bali, Nokia dan FiberStar akan Bangun Jaringan Kapasitas Tinggi dengan Teknologi 100G  

MOBITEKNO – Saat ini, area Jawa dan Bali masih menjadi pusat dari kegiatan ekonomi dan pariwisata di Indonesia. Hal ini tentu saja membutuhkan sarana komunikasi data yang memadai untuk menghubungkan aktivitas di kedua pulau tersebut sekaligus menggerakan roda ekonomi. Guna mendukung kebutuhan komunikasi data ini, Nokia dan FiberStar belum lama ini menandatangani kesepakatan untuk menggelar backbone baru di berbagai wilayah di kedua pulau tersebut.

Tidak tanggung-tanggung, Nokia yang merupakan perusahaan berpengalaman dalam dunia komunikasi data ini akan menggunakan teknologi DWDM terbarunya yang memungkinkan kecepatan data hingga 100G per wavelength sehingga memungkinkan untu mendukung FiberStar dalam menyediakan jaringan quad play dengan layanan telekomunikasi triple-play yang canggih.

“Eksistensi kuat kami di Indonesia dan rekam jejak produk yang bagus memberikan FiberStar sarana untuk memberikan bandwidth tertinggi dan mempercepat penyediaan layanan baru,” kata Robert Cattanach, Head of Indonesia, Nokia. “Dengan kesepakatan ini, FiberStar dapat menggunakan jaringan ini sebagai titik awal penggunaan teknologi 100G yang nantinya dapat ditingkatkan menjadi 400G dan seterusnya,” tambah Cattanach.

Dengan penambahan backbone di beberapa wilayah di pulau Jawa dan Bali, membuktikan komitmen FiberStar untuk memperluas cakupan fiber optik di lebih banyak kota di Indonesia. Dengan demikian, kebutuhan telekomunikasi di dua pulau tersebut bisa dilaksanakan dengan lebih lancar tanpa adanya hambatan.

“Kami selalu berkomitmen dengan penggelaran fiber optik kami untuk membantu konsumen dan mempercepat adopsi ICT untuk meningkatkan perekonomian di berbagai daerah di Indonesia,” kata Thomas Dragono, Commercial Director FiberStar. “Dengan pemahaman pasar yang komprehensif dan keahlian yang dikombinasikan dengan teknologi Nokia yang telah terbukti, kami percaya FiberStar dapat menawarkan solusi terbaik untuk mengatasi kebutuhan telekomunikasi saat ini,” tutup Dragono.

Tags: , , , ,


COMMENTS