May 7, 2016

MINI Kembali Pertimbangkan konsep MINI Rocketman, Tetapi Sebagai EV

Penulis: Desmal Andi
MINI Kembali Pertimbangkan konsep MINI Rocketman, Tetapi Sebagai EV  

MOBITEKNO – MINI pernah menghadirkan konsep MINI Rocketman pada tahun 2011 di Geneva Auto Show. Konsep mobil ini masih tidak jelas untuk masuk dalam tahap produksi. Namun, baru-baru ini MINI mempertimbangkan kembali konsep ini, tetapi akan hadir sebagai mobil listrik.

City car yang berukuran kecil memang sering membuat produsennya untuk memutar otak agar mesin diesel atau bensin bisa didesain sedemikian rupa masuk ke dalam ruang mesin. Oleh sebab itu, banyak pabrikan yang menggunakan mesin tiga silinder yang kompak untuk kebutuhan city car. Kini, dengan semakin ramainya perkembangan mobil listrik membuat MINI berencana menghadirkan konsep MINI Rocketmman dalam jenis mobil listrik.

Menurut MINI, seperti yang dikutip dari LeftLane, ukuran motor elektrik yang sangat kompak tentu bisa menjadi solusi ruang yang terbatas dibandingkan dengan mesin dengan sistem pembakaran. Selain itu, baterai pun bisa diletakkan dengan mudah di ruang bagian bawah penumpang.

Dengan gagasan sebagai mobil listrik, MINI mempertimbangkan untuk memasukkannya dalam tahap produksi. Namun, jika hal ini disetujui oleh dewan perusahaan, kemungkinan besar MINI Rocketman akan menggunakan komponen dari BMW i. Motor listrik BMW i3 sendiri memiliki tenaga baterai hingga 22 kWh dan dapat menempuh jarak hingga 129 km.

Sumber: LeftLane

Tags: , , , , ,


COMMENTS