January 7, 2016

Hasil Survei: Smartphone untuk Email, Tablet untuk Bermain Game

Penulis: Desmal Andi
Hasil Survei: Smartphone untuk Email, Tablet untuk Bermain Game  

MOBITEKNO – Teknologi komunikasi yang berkembang cukup pesat membuat kehidupan manusia di bumi semakin mudah. Dimulai dengan ditemukannya perangkat telepon pada abad 19 hingga kini menjadi smartphone dan tablet yang dapat menggabungkan fungsi PC dan telepon.

Dengan bentuk dan desain yang dinamis, perangkat komunikasi tersebut menjadi dua gadget favorit yang digunakan manusia di zaman modern ini. Kedua perangkat tersebut masih terus dikembangkan terutama untuk fungsi komunikasi dan hiburan yang ada di dalamnya. Namun, sebenarnya mana yang lebih disukai konsumen untuk menunjang aktivitasnya sehari-hari?

Berdasarkan Digital Publishing Report: Retail Apps and Buying Habits yang dilakukan Adobe Systems pada tahun 2013, 79 persen responden cenderung memilih smartphone untuk memeriksa email, termasuk membaca dan membalasnya. Sementara untuk tablet, 72 persen responden yang memilihnya untuk memeriksa email.

Smartphone juga lebih unggul saat digunakan untuk aktivitas browsing dan membaca berita (50 persen) dan mendengarkan musik (52 persen). Hanya 30 persen responden yang memilih tablet untuk membaca berita dan 46 persen yang menggunakan tablet untuk mendengarkan musik.

Tablet lebih unggul saat digunakan untuk bermain game. Sejumlah 60 persen responden memilih tablet untuk bermain game dan mengakses Facebook. Tablet juga unggul dalam hal aktivitas belanja online (44 persen). Sementara di smartphone, hanya 20 persen.

Dari laporan tersebut juga diketahui lima aktivitas teratas yang dilakukan konsumen, baik di smartphone maupun tablet. Kelima aktivitas tersebut adalah browsing, social networking, game, musik, dan bertelepon. Selain itu, rata-rata konsumen menghabiskan waktu sekitar 25 menit sehari untuk browsing, 17 menit untuk social networking, 14 menit untuk bermain game, 16 menit untuk mendengarkan musik dan 12 menit sehari untuk melakukan aktivitas telepon.

Tags: , , , ,


COMMENTS