December 6, 2016

Siap Jadi Kota Pintar, Kediri Aplikasikan e-Tilang

Penulis: Eko Lannueardy
Siap Jadi Kota Pintar, Kediri Aplikasikan e-Tilang  

MOBITEKNO – Pemerintah Kabupaten Kediri bekerjasama dengan PT Trimaxindo Abadi dan Microsoft Indonesia memperkenalkan aplikasi elektronik tindakan langsung (e-Tilang). 

Aplikasi e-Tilang adalah solusi untuk menjawab kebutuhan masyarakat dalam melakukan pembayaran sanksi tilang di tempat secara resmi dengan cepat, mudah, aman, dan nyaman. 

Seperti ditegaskan oleh AKBP Akhmad Yusep Gunawan, Kapolres Kabupaten Kediri, diharapkan dengan kehadiran aplikasi e-Tilang dapat mengantar Kabupaten Kediri selangkah lebih dekat menuju status Kota Pintar.
 
"e-Tilang memungkinkan masyarakat menjalani proses tilang yang transparan. Ketika terjadi pelanggaran lalu lintas, petugas Satuan Lalu Lintas (Satlantas) akan memberikan surat tilang sekaligus menunjukkan aplikasi e-Tilang di perangkat mobile," ujar Akhamd.

Ditambahkan oleh Akhmad, pelanggar selanjutnya membayar denda melalui jaringan internet banking BRI. Proses tilang menjadi lebih ringkas karena pelanggar tidak perlu lagi datang ke pengadilan untuk membayar denda. 

""

Penerapan aplikasi e-Tilang sendiri merupakan kelanjutan dari penandatanganan nota kesepahaman program Electronic Criminal Justice System (e-CJS Plus) yang disosialisasikan pada tanggal 11 Oktober 2016 silam. 

Selain aplikasi e-Tilang, program inovasi berbasis teknologi informasi unggulan Kepolisian Resor (Polres) Kediri yang turut dikembangkan adalah e-Tindak Pidana Ringan (e-Tipiring), e-Sidik, dan e-Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (e-SP2HP).

"Inovasi berbasis teknologi informasi ini menjadi langkah awal Kabupaten Kediri menuju Electronic Government (e-Gov), sebuah indikator Kota Pintar yang menjadi amanah Presiden Joko Widodo," pungkas Akhmad.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS