November 6, 2016

IMOS 2016 Bawa Berbagai Teknologi Baru untuk Sepeda Motor Modern

Penulis: Desmal Andi
IMOS 2016 Bawa Berbagai Teknologi Baru untuk Sepeda Motor Modern  

MOBITEKNO – Tidak hanya sekadar memamerkan sepeda-sepeda motor terbaru dan konsep saja di dalam gelaran Indonesia Motorcycle Show 2016 ini, tetapi juga berbagai teknologi baru yang digunakan dalam pengembangan atau produk sepeda motor terbaru turut diperkenalkan kepada para pengunjung. Tujuannya tentu agar masyarakat pecinta sepeda motor mengerti dengan kemudahan-kemudahan yang ada pada teknologi-teknologi tersebut.

Salah satu booth yang membawa teknologi modern untuk sepeda motor modern adalah Bosch. PT Robert Bosch Indonesia menampilkan edisi terbaru perangkat Anti-lock Braking System (ABS) 10 dalam pameran ini. Teknologi pengereman ini dapat meningkatkan keamanan dan juga kenyamanan berkendara dengan sepeda motor. Bahkan, teknologi ABS dari Bosch ini diklaim dapat ditanamkan pada sepeda motor ber-cc kecil karena memiliki ukuran yanag lebih kecil dari produk sebelumnya.

"AISI sangat mendukung penggunaan teknologi ABS. Kami akan melihat lebih dulu kesiapan industri untuk penggunaan ABS di produk-produknya. Jadi jangan membuat regulasi namun produk ABS tidak ada. Mungkin realisasinya pada satu atau dua tahun lagi," ujar Gunadi Sinduwinata, Ketua Umum Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI).

Selain Bosch, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) juga mempromosikan teknologi Blue Core yang sudah dipakai oleh hampir semua sepeda motor modern keluaran Yamaha. Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA) menjadi teknologi andalan bagi Yamaha, khususnya di kelas skutik.

Selain Blue Core, yamaha juga memperkenalkan Yamaha Diagnostic Tools (YDT) versi 3 yang merupakan sistem untuk mendiagnosis performa mesin yang sudah menggunakan sistem injeksi. “Jadi, semua history penggunaan mesin terekam melalui sistem online,” kata Muhammad Abidin, GM Aftersales Service & Motorsport PT YIMM. Yamaha juga mengenalkan Smart Key System (SKS) terbaru yang bisa menggunakan banyak sensor.

Sementara itu, PT Astra Honda Motor (AHM) juga tidak mau ketinggalan dalam menampilkan teknologi baru untuk sepeda motor. PT AHM menyajikan teknologi Throtle by Wire pada CBR1000RR Fireblade yang dapat menjaga performa mesin tetap optimal di semua putaran. PT AHM juga mengenalkan fitur keselamatan baru, yaitu 5-axis Inertial measurement Unit (IMU) untuk membaca semua gerakan motor.

""

Teknologi-teknologi tersebut dibuat dengan tujuan untuk menambah kenyamanan dan keselamatan berkendara, terutama dengan sepeda motor. Khusus untuk faktor keselamatan, IMOS juga menyelenggarakan Safety Riding Class setiap harinya. Jadi, manfaatkan hari terakhir ini untuk menikmati berbagai hal menarik di IMOS 2016.

Tags: , , , , ,


COMMENTS