September 6, 2016

Kabel ‘USB Type-C to HDMI’ Permudah Tampilkan Layar Smartphone ke Layar Besar TV atau Proyektor

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Kabel ‘USB Type-C to HDMI’ Permudah Tampilkan Layar Smartphone ke Layar Besar TV atau Proyektor  

MOBITEKNO – Perlahan tapi pasti, kehadiran konektor (port) USB Type-C pada notebook, smartphone, atau perangkat mobile lainnya mulai mendapat respons dari berbagai pihak. Kenyamanan USB Type-C yang anti-terbalik (bisa bolak balik) dan berbagai keunggulan spesifkasi teknisnya (dibandingkan USB tipe lain) membuat USB Type-C dalam beberapa tahun mendatang akan diadopsi dan mendapat momentum dukungan industri.

Salah satu dukungan datang dari HDMI Licensing sebagai pihak yang berkentingan memutuskan kompatibel tidaknya standar kabel HDMI yang biasanya digunakan di perangkat TV, projector, atau display device lainnya.

HDMI Licensing belum lama ini memperkenalkan standar HDMI Alternate Mode (Alt Mode) untuk berbagai perangkat (notebook, PC desktop, console, tablet, smartphone) yang meneydiakan port USB Type-C.

HDMI Alt Mode menjadi penting artinya karena spesifikasi teknisnya yang memungkinkan pemakaian kabel ‘USB Type-C to HDMI’ untuk menampilkan display yang ada di tablet ke TV tanpa dongle atau docking tambahan.

Pengguna smartphone, tablet, kamera, dan laptop, termasuk Apple Macbook dengan port Type-C semata wayangnya juga akan semakin dimudahkan karena hanya membutuhkan convertor atau kabel ‘USB Type-C to HDMI’ yang terjangkau untuk menampilkan gambar ke perangkat layar besar (TV, dll) dengan port HDMI.

HDMI Alt Mode juga menjadi alternatif yang lebih menarik dibandingkan penggunaan beberapa jenis konektor HDMI, seperti HDMI Type C (Mini HDMI) dan HDMI Type D (Micro HDMI).

Sejauh ini, HDMI Alt Mode masih punya batasan tertentu, seperti tidak kompatibel dengan perangkat terdahulu (backwards compatible) dan tidak dapat di-upgrade via software. Ini berarti, perangkat yang masih membutuhkan dongle masih teap bergantung dengan dongle tesubut.

Masalah lainnya, HDMI Alt Mode hanya mendukung stadar HDMI 1.4b standard dan tidak mendukung HDMI 2.0b. Jadi, meski HDMI Alt Mode dapat mendukung format 4K, playback-nya terbatas pada 30 FPS. Selain itu, konten High Dynamic Range (HDR) juga tidak didukung oleh standar HDMI Alt Mode.

HDMI Alt Mode menjadi standar terakhir setelah DisplayPort, Mobile High-Definition Link (MHL), dan Thunderbolt 3 menyediakan dukungan bagi USB Type-C. Stadnar Thunderbolt 3 bahkan menjadi koneksi standar pada laptop, sebagai host "superset" untuk USB 3.1 (10Gbps), DisplayPort 1.3, standar Thunderbolt, dan PCI Express Gen 3. Standar terakhir, PCI Express Gen 3, memungkinkan pengguna laptop atau PC bisa menggunakan docking graphics card eksternal, seperti Razer Core.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS