February 6, 2016

RS Mata JEC Gelar Bakti Katarak, Gandeng HOG Jakarta serta MedDocs and Friends

Penulis: Eko Lannueardy
RS Mata JEC Gelar Bakti Katarak, Gandeng HOG Jakarta serta MedDocs and Friends  

MOBITEKNO – Rumah Sakit Mata JEC bekerja sama dengan para bikers yang tegabung ke dalam Harley Owners Group Jakarta Chapter (HOG JC) dan Medical Doctors and Friends (MedDocs and Friends) menggelar kegiatan Bakti Katarak, (6/2). Kegiatan ini merupakan operasi katarak gratis bagi mereka yang membutuhkan sebagai rangkaian ulang tahun ke-32 Rumah Sakit Mata JEC.

Bertempat di Rumah Sakit Mata JEC di Kedoya, Jakarta, Presiden JEC Korporat yang juga Direktur Utama JEC Kedoya, Dr. Johan A. Hutauruk, SpM (K) menegaskan bahwa rangkaian kegiatan Bakti Katarak ini sebagai komitmen Rumah Sakit Mata JEC untuk mendukung visi pemerintah, yakni mewujudkan tahun 2020 bebas buta katarak di Tanah Air.

"Katarak atau kekeruhan lensa mata masih menjadi salah satu penyebab kebutaan terbanyak di dunia. Diperkirakan setiap tahun ada satu penderita baru katarak di antara 1000 orang. Indonesia sebagai negara tropis menjadi penduduknya memiliki kecenderungan menderita katarak 15 tahun lebih cepat dibandingkan penduduk yang ada di daerah subtropik," ujar Johan.

Ambil bagian dalam Bakti Katarak ini adalah para biker yang tergabung ke dalam HOG JC dan MedDocs and Friends. Para biker ini lebih dikenal dengan kegiatan riding dan touring motor besar. Ini juga sekaligus jadi sarana untuk berbagi kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan, terutama kepedulian terhadap kesehatan mata di Indonesia.

"Kami sangat mendukung penuh kegiatan Bakti Katarak yang melibatkan Rumah Sakit Mata JEC dan para bikers yang tergabung ke dalam MedDocs and Friends. Keterlibatan kami dalam bakti sosial ini menjadi sarana yang tepat untuk berbagi kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan penanganan operasi buta katarak," ujar Sahat Manalu, Ketua HOG Jakarta Chapter.

Hal senada juga ditegaskan oleh Ketua MedDocs and Friends Indonesia, Dr. Radja Simanjuntak, SpAn,MM. Ia mengatakan bahwa ini merupakan sebuah langkah yang positif dan merasa gembira dapat berpartisipasi dalam kegiatan Bakti Katarak ini. Para anggota MedDocs and Friends dapat terlibat secara langsung untuk mendukung Indonesia bebas buta katarak.

"MedDocs and Friends yang beranggotakan para dokter penyuka motor besar di atas 500cc juga turut mengapresiasi kegiatan Bakti Katarak ini. Harapannya, kegiatan ini dapat terus berjalan sehingga mampu menurunkan tingkat kebutaan katarak, khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya," ujar Radja.

Kegiatan Bakti Katarak ini, Rumah Sakit Mata JEC menargetkan penanganan sekitar 100 pasien katarak. Pelaksanaannya akan berlangsung di dua tempat, yakni RS Mata JEC @ Kedoya dan JEC @ Cibubur. Bakti Katarak di JEC @ Cibubur baru akan dilaksanakan pada tanggal 17 Februari 2016 dengan sasaran utama masyarakat sekitar.

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS