May 5, 2016

Walau Turun, Sampai Awal Mei Kitkat Masih Mendominasi Android OS

Penulis: Desmal Andi
Walau Turun, Sampai Awal Mei Kitkat Masih Mendominasi Android OS  

MOBITEKNO – Google baru saja merilis hasil distribusi sistem operasi Android yang digunakan oleh smartphone dan perangkat Android lainnya di dunia. Dari data yang diinformasikan Google, terjadi perubahan penggunaan terhadap seluruh sistem operasi Android miliknya.

Sampai tanggal 2 Mei 2016, sistem operasi Kitkat masih yang terbesar digunakan oleh perangkat berbasis Android. Namun, angkanya perlahan turun dari bulan ke bulan. Jika dibandingkan bulan lalu, Kitkat yang masih memegang 32,5 persen pada 2 Mei 2016, sebenarnya turun 0,9 persen dibandingkan bulan lalu yang memegang 33,4 persen.

Selanjutnya, sistem operasi Lollipop menyusul di belakang Kitkat dengan 35,8 persen. Sama seperti Kitkat, Lollipop pun turun 0,2 persen dari 35,6 persen dari bulan lalu. Hal yang sama juga berlaku di Jelly Bean, Ice Cream Sandwich, dan Gingerbread yang tampaknya mulai ditinggalkan oleh pengguna-pengguna smartphone Android.

Penurunan Kitkat dan Lollipop memang mulai terjadi setelah beberapa perusahaan pembuat smartphone mulai merilis produknya yang berbasis Android 6.0 Marshmallow pada beberapa minggu belakangan ini. Sistem operasi ini naik 4,6 persen dari bulan lalu menjadi 7,5 persen di awal Mei ini.  

Tags: , , , , ,


COMMENTS