October 4, 2016

J.D. Power: Pasar Entry SUV Semakin Diminati Walau Harga Terus Merangkak Naik

Penulis: Desmal Andi
J.D. Power: Pasar Entry SUV Semakin Diminati Walau Harga Terus Merangkak Naik  

MOBITEKNO – Kendaraan yang kompak untuk keluarga tampaknya semakin menjadi pilihan banyak konsumen di Indonesia. Hal ini terlihat dari hasil studi yang dilakukan J.D. Power dalam laporannya yang berjudul J.D. Power 2016 Indonesia Sales Satisfaction Index (SSI) untuk segmen mass market. Dari hasil studi tersebut, pangsa pasar entry SUV di Indonesia berlipat ganda dalam kurun waktu tiga tahun terakhir.

Pangsa pasar entry SUV di tahun 2016 ini meningkat sebesar 16 persen dari 8 persen pada tahun 2014. Seiring dengan peningkatan pasar, kepuasan konsumen pun terhadap model entry SUV juga ikut terdongkrak. Banyak yang memilih mobil dengan model entry SUV dengan memperhatikan beberapa faktor tipe bodi mobil yang menarik (20%), desain dan gaya (18%), dan yang paling banyak menentukan pilihan adalah efisisensi bahan bakar (21%).

Hasil studi J.D. Power ini membuktikan juga bahwa harga yang terus merangkak naik di segmen entry SUV tidak berpengaruh banyak terhadap keputusan konsumen. Padahal, rata-rata harga kendaraan baru di Indonesia relah meningkat 11% di tahun 2016, dari sekitar Rp 188 jutaan di tahun 2015 hingga sekarang mencapai sekitar Rp 209 jutaan. Pelanggan pun sadar adanya peningkatan harga ini.

“Meskipun industri otomotif Indonesia sedang menghadapi saat-saat sulit, sangat menggembirakan bisa melihat Entry SUVmenantang tren ini dengan volume penjualan yang baik,” kata Kaustav Roy, director di J.D. Power. “Pemilik Entry SUV tidak hanya menerima harga yang lebih tinggi, tapi juga merasa lebih puas dengan proses pembelian, yang memperlihatkan bahwadealer juga bisa berkembang di masa sulit dengan lini produk yang tepat dan proses penjualan yang kuat.”

Untuk segmen entry SUV ini, hasil studi juga menginformasikan bahwa para pembeli rata-rata menghabiskan 21 bulan pendapatan mereka untuk membeli mobil mode entry SUV. Sementara untuk brand kendaraan, Daihatsu merupakan brand yang menempati posisi tertinggi di antara merek mobil lainnya dalam hal kepuasan pelanggan di Indonesia dengan niai 776. Menyusul di posisi kedua adalah Honda dengan 772, dan Mitsubishi di posisi ketiga dengan nilai 769.

Tags: , , ,


COMMENTS