January 4, 2016

Operator Tri Sukses Antisipasi Lonjakan Lalu Lintas Data Pelanggan di Akhir Tahun

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Operator Tri Sukses Antisipasi Lonjakan Lalu Lintas Data Pelanggan di Akhir Tahun  

MOBITEKNO – PT Hutchison 3 Indonesia yang lebih dikenal sebagai operator telekomunikasi 3 (dibaca:Tri) mempertegas komitmen bagi pelanggannya yang menggunakan jaringan Tri selama liburan Natal 2015 dan Tahun Baru 2016. Hal ini dibuktikan mereka dengan kesuksesannya melayani pelanggan di masa liburan akhir tahun tanpa adanya kendala berarti.

Sesuai tren belakangan ini, penggunaan layanan data mendominasi peningkatan trafik data jaringan, khususnya penggunaan OTT (over-the-top) dan sosial media seperti Facebook untuk menyampaikan ucapan Natal dan Tahun Baru 2016. Trafik data meningkat hampir 70 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tri yang mengaku memiliki pelanggan Facebook kedua terbesar di Indonesia (30 juta pengguna aktif per bulan) menyatakan, “Selama Natal 2015 dan pergantian tahun, Tri telah mengantisipasi lonjakan penggunaan layanan pesan OTT dan sosial media (Facebook, Whatsapp, dll) dari pelanggan untuk berkomunikasi dan menyampaikan ucapan kepada teman dan keluarga”.

Kondisi ini berbeda dibandingkan beberapa tahun sebelumnya, dimana pelanggan masih memakai SMS untuk mengucapkan selamt (Natal atau Tahun Baru) kepada teman atau kerabatnya. Tri mengantisipasinya dengan meningkatkan kapasitas data pada seluruh jaringannya di Indonesia, terutama di kota-kota besar Jawa dan kota tujuan wisata lainnya.

Menurut Randeep Singh Sekhon, Presiden Direktur Tri, “Penggunaan Facebook meningkat hampir 20% dan WhatsApp hampir 30% pada malam Natal dan Tahun Baru. Kami bersyukur, layanan kami telah beroperasi dengan baik tanpa ada hambatan yang berarti meskipun terjadi lonjakan trafik.”

“Tri juga telah melakukan peningkatan kualitas jaringan di sepanjang jalur pantura, jalur selatan, dan jalur penghubung lainnya. Untuk mengantisipasi lonjakan trafik saat malam pergantian tahun, peningkatan kapasitas juga dilakukan di lokasi publik, seperti mal, terminal, pelabuhan, bandara, dan stasiun kereta api,” tambah Randeep.

Peningkatan kapasitas jaringan dilakukan Tri dengan menempatkan mobile BTS di berbagai pusat keramaian perayaan Natal dan malam pergantian tahun. Di hari biasa, lalu lintas data jaringan Tri mencapai sekitar 1.200 TB (Terabyte) per hari. Lalu lintas data dikelola melalui spektrum Tri yang relatif minim dengan sangat efisien. Seperti diketahui, jaringan Tri beroperasi pada frekuensi 10 MHz di band 1800 MHz dan 10 MHz di band 2100 MHz.

Sebagai apresiasi Tri kepada pelanggannya, Tri juga memberikan beberapa kejutan dan bonus tertentu bagi pelanggan Tri yang menghubungi layanan pelanggan di 3care (layanan via telepon 123) atau pengunjung 3Store pada tanggal 25 Desember 2015 dan 1 Januari 2016.

Jaringan Tri secara nasional telah diperkuat oleh hampir 39 ribu unit BTS terhitung sejak kuartal ketiga 2015. Sinyal jaringan Tri telah menjangkau 86 persen penduduk Indonesia dan dinikmati oleh 55,4 juta pelanggannya (60 persen adalah pengguna mobile).

 

 

Tags: , ,


COMMENTS