December 3, 2016

Setelah Bogor, Telkomsel dan ITB Sasar Bekasi Kembangkan Kota Pintar

Penulis: Eko Lannueardy
Setelah Bogor, Telkomsel dan ITB Sasar Bekasi Kembangkan Kota Pintar  

MOBITEKNO – Warga Bekasi, Jawa Barat patut berbangga. Pasalnya, Telkomsel bekerjasama dengan Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI) ITB mengembangkan konsep kota pintar atau smart city untuk Bekasi. Proses kajian, pengembangan, dan implementasi ini dilakukan dalam rangka mendorong terwujudnya konsep ideal smart city di kota-kota di Indonesia.

Vice President Technology & System Telkomsel Ivan C. Permana lewat situs resmi Telkomsel menyebutkan bahwa Telkomsel memiliki tanggung jawab untuk memberikan layanan dan solusi mobile digital yang melebihi ekspetasi pelanggan. Implementasi smart city adalah salah satu dukungan Telkomsel untuk mendorong kemajuan pemerintah kota, termasuk Bekasi.

"Kami berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, kami juga berupaya memberikan nilai tambah kepada para stakeholders, dan mendukung pertumbuhan perekonomian bangsa. Salah satu caranya adalah dengan pengimplemetasian smart city, seperti yang akan kami kembangkan bersama di Bekasi," ujar Ivan.

Dalam upaya mewujudkan pengembangan kota pintar di Bekasi, Telkomsel bersama LAPI ITB dan Pemerintah Kota Bekasi telah melakukan proses kajian, pengembangan, dan implementasi smart city dalam bentuk platform Smart City, Patriot Operation Center, instalasi perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware), serta aplikasi Sorot.

Bekasi menjadi kota kedua diimplementasikannya platform Smart City oleh Telkomsel dan LAPI ITB. Sebelumnya, pada tahun lalu platform serupa juga telah diterapkan di Bogor, Jawa Barat. Ke depannya platform Smart City yang serupa juga akan diterapkan di berbagai kota di Indonesia.

 

Tags: , , ,


COMMENTS