August 3, 2016

Sederhanakan 20-an Paket ‘Design & Creation Suite’, Autodesk Hadirkan 3 ‘Industry Collections’ Berbasis Subscription Model

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Sederhanakan 20-an Paket ‘Design & Creation Suite’, Autodesk Hadirkan 3 ‘Industry Collections’ Berbasis Subscription Model  

MOBITEKNO – Autodesk telah melakukan transisi penawaran produk software-nya ke model berlangganan (subscription model) selama dua tahun ini. Salah satu implikasinya adalah menghadirkan berbagai software-nya, seperti Inventor, Revit, AutoCAD yang awalnya ditawarkan dalam bentuk software lisensi kini menjadi software berlangganan.

Sejalan dengan tren baru dikalangan konsumen ini, Autodesk baru-baru ini ((2/8/2016) memperluas starategi subscription model-nya dengan menghadirkan tiga ‘Industry Collections’ yang menawarkan cara baru berlangganan secara mudah, fleksibel, serta pilihan yang luas dari software Autodesk berdasarkan industrinya.

Dengan hadirnya ‘Industry Collections’, Autodesk mengklaim telah menyederhanakan konfigurasi paket sebelumnya, ‘Design & Creation Suite’ yang berjumlah lebih dari 20 menjadi hanya berjumlah 3 dalam Industry Collections.

Nantinya, Autodesk tidak lagi menjual paket berlangganan ‘Design & Creation Suites’, tapi para pelanggan masih dapat mempertahankan lisensi yang ada dengan paket langganan untuk pemeliharaan, software updates, dan berbagai dukungan lainnya, seperti perjanjian lisensi.

Catharina Hadiningtyas, Country Manager Autodesk Indonesia, menyatakan “Autodesk telah bertransisi penuh menjadi bisnis berlangganan (subscription) dan para pelanggan kita mengharapkan manfaat, fleksibilitas dan akses mudah terhadap software kami.”

“Apabila Anda bekerja di bidang konstruksi dan bangunan, desain produk, manufaktur atau media dan hiburan, ada satu pilihan mudah yang memberikan akses kepada semua produk desktop yang selama ini biasa anda akses, ditambah lebih banyak layanan cloud. Ini adalah akses portofolio terluas yang pernah kami tawarkan.”

Tiga Autodesk Industry Collections (masing-masing berbasis cloud dan desktop) yang tersedia dalam subscription model ini mencakup:

  • Architecture, Engineering & Construction (AEC) Collection – Paket building information modeling (BIM) yang komprehensif untuk bangunan, teknik sipil dan konstruksi. Produk utamanya meliputi Revit, AutoCAD dan AutoCAD Civil 3D.
  • Product Design Collection – Satu paket esensial perangkat desain dan teknik untuk desain produk dan desain pabrik. Produk utamanya termasuk Inventor Professional, AutoCAD dan Navisworks Manage, termasuk juga perangkat desain berbasis cloud terbaru – Fusion 360
  • Media &Entertainment (M&E) Collection – Paket perangkat animasi 3D lengkap untuk seniman visual effect dan pengembang game. Produk utamanya termasuk Maya dan 3ds Max.

Adapun kelebihan dari Industry Collections’ dibandingkan ‘Design & Creation Suites’ yang baru dihadirkan Autodesk ini antara lain; manfaat lebih dengan paket yang lebih sederhana, pengembangan teknologiyang berkesinambungan, dan fleksibilitas bagi konsumen dalam opsi produk dserta cara berlangganan (single/multi-user, jangka waktu berlangganan).

Autodesk Industry Collections kini sudah tersedia dapat digunakan pengguan di seluruh dunia melalui mekanisme berlangganan (subscription). Pelanggan dapat memilih opsi berlangganan melalui penyalur lokal dalam jangka waktu per kuartal atau per tahun. Selain itu, para pelanggan juga dapat berlangganan Autodesk Industry Collections secara individu (akses pengguna tunggal) atau multi-user (akses banyak pengguna).

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS