June 3, 2016

Kesiapan Jaringan Seluler Smartfren Sambut Mudik Lebaran 2016

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Kesiapan Jaringan Seluler Smartfren Sambut Mudik Lebaran 2016  

MOBITEKNO – Aktivitas masyarakat menjelang dan sesudah hari raya besar Lebaran 2016 nanti sudah pasti berdampak lalu lintas komunikasi data di jaringan seluler berbagai operator di Indonesia.

PT Smartfren Telecom Tbk (Smartfren) sebagai salah satu dari operator 4G LTE dengan jangkauan layanan luas di banyak kota Indonesia seperti tahun-tahun sebelumnya juga melakukan berbagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan data di jaringan tersebut.

Saah satu antisipasi lonjakan data diimplementasikan Smartfren dalam perluasan coverage area di Indonesia dan peningkatan kapasitas bandwitdh di beberapa kota dengan jumlah pelanggan tinggi.

Dari sisi kesiapan jaringan (Network), Smartfren menjadikan momen bulan Ramadhan sebagai momentum untuk menginformasikan perluasan cakupan jaringan 4G LTE Advanced milik Smartfren.

Setelah hadir di 85 kota di Indonesia pada Desember 2015, kini jaringan Smartfren semakin memperluas dukungan coverage-nya hingga di 188 kota dan kabupaten di Indonesia. Hal ini dilakukan Smartfren untuk dapat memberikan akses komunikasi yang lebih luas bagi para pelanggannya dimanapun mereka berada.

Hal tersebut dirasakan perlu bagi Smartfren untuk memastikan kapasitas yang cukup dalam menampung lonjakan pemakaian jaringan di sepanjang jalur mudik, terutama di pulau Jawa dan Sumatera.

Di samping itu, Smartfren pun ingin meminimalisasikan gangguan komunikasi dengan melakukan pemantauan dan penanganan gangguan 24 jam/hari pada H-14 dan H+14 lebaran.

Untuk mendukung berbagai hal tersebut, Smartfren melakukan mempersiapkan sistem backup di wilayah yang diprediksi akan memiliki trafik komunikasi tinggi. Selainpengadaan sistem backup, Smartfren pun mengurangi jumlah titik ‘blank spot’ dan lemah sinyal (weak coverage) di sepanjang rute mudik nanti.

 

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS