October 2, 2016

Unik Dalam Berbisnis, Tiga Startup Ini Berpartisipasi dalam Program Muru-D di Singapura

Penulis: Desmal Andi
Unik Dalam Berbisnis, Tiga Startup Ini Berpartisipasi dalam Program Muru-D di Singapura  

MOBITEKNO – Amtiss, Zelos, dan Tenan Usaha akhirnya terpilih untuk mewakili startup Indonesia dalam program Muru-D, akselerator startup dari Telstra, di Singapura. Ketiganya dinilai Muru-D dan Indigo (Telkom Indonesia) dinilai memiliki keunikan dalam menjalankan bisnis serta dapat mengkombinasikan bisnis dengan teknologi dalam mengatasi masalah usaha dan sosial.

Ketiga finalis ini pun pada Kamis malam lalu (29/09/2016) mempresentasikan kemajuan karya mereka di hadapan Erik Meijer, Presiden Direktur Telkomtelstra. Ketiga finalis ini juga sudah mengikuti program Muru-D selama 1 bulan dari 6 bulan yang harus mereka jalani. Mereka memiliki peluang untuk mendapatkan modal awal sebesar SGD$ 40.000 dan memenangkan program Muru-D jika bisa menonjolkan keunggulan usaha mereka.

“Peluang bisnis startup punya kesempaatan besar di Indonesia, dimana ada banyak individu berbakat yang memiliki ide-ide besar untuk mengembangkan bisnis mereka di Indonesia dan ajang global. Kami berharap Muru-D bisa menjadi wadah bagi para startup yang memiliki bakat dan ambisi,” ujar Erik Meijer. “Saya bangga dengan para pendiri Amtiss, Teman Usaham dan Zelos. Selama enam bulan ini mereka akan memiliki kesempatan untuk belajar dan dibimbing oleh para ahli, serta membawa pulang pengalaman dan ilmu yang didapat ke Indonesia sehingga dapat digunakan untuk membangun dan mengembangkan bisnis mereka,” tambah Erik.

Amtiss sendiri menjalankan bisnis solusi manajemen berbasis cloud yang dapat membantu bisnis dan perusahaan dalam meminimalkan biaya operasional aset dan memaksimalkan kerja melalui pemeliharaan yang bersifat prediktif. Sementara Zelos menjalankan bisnis dengan platform perekrutan kreatif yang menghubungkan bakat baru dengan dunia bisnis. Satu lagi yaitu Teman Usaha memiliki model bisnis dalam bentuk aplikasi pembiayaan mikro yang menghubungkan pemberi pinjaman di Indonesia dengan pemohon pinjaman UKM dengan kualitas tinggi.

Program Muru-D dikelola oleh Telstra di sejumlah negara. Singapura merupakan pusat pelatihan untuk program di Asia. Muru-D memberikan modal awal kepada masing-masing start-up finalis sebesar SGD $ 40.000, selain itu para finalis mendapatkan bimbingan intensif untuk mengasah kemampuan selama enam bulan. Muru-D juga menyediakan ruang kerja kolaboratif di jantung distrik bisnis sentral Singapura, akses untuk berkolaborasi dengan para mentor kelas dunia, para pelatih profesional dan investor.

Tags: , , , ,


COMMENTS