September 2, 2016

Studi J.D. Power: Pelayanan Toyota Paling Memuaskan Bagi Pelanggan

Penulis: Desmal Andi
Studi J.D. Power: Pelayanan Toyota Paling Memuaskan Bagi Pelanggan  

MOBITEKNO – Di tahun 2016 ini, ternyata Toyota mendapat peringkat tertinggi untuk Tingkat Kepuasan Pelanggan untuk pelayanan kendaraan di dealer mereka di antara merek lainnya. Hal ini berdasarkan survei yang dilakukan J.D. Power dalam “J.D. Power Asia Pasifik 2016 Indonesia Customer Service Index (CSI) Study” yang dirilis pada 30 Agustus 2016 kemarin.

Dalam laporan tersebut, di tahun 2016 ini tingkat kepuasan pelayanan pelanggan yang dihadirkan Toyota mampu mencapai nilai rata-rata 765 dari skala 1.000, naik 4 poin dari tahun 2015 lalu. Angka ini tentunya membanggakan Toyota karena para pesaingnya hanya berselisih 4 poin saja karena tingkat persaingan yang semakin ketat.

Angka tersebut didapat berkat pelayanan yang dihadirkan dealer Toyota semakin memuaskan pelanggan. Dealer Toyota dinilai semakin baik dalam hal pengaturan jam operasional yang lebih efisien, dimana 96 persen pelanggan dapat membuat janji pada hari yang mereka inginkan. Nilai semakin bertambah bagus bagi Toyota karena 93 persen kendaraan pelanggan selesai dikerjakan di hari yang sama dan 99 persen mengindikasikan bahwa pekerjaannya sudah langsung benar.

“Dealer dapat menggunakan waktu tersebut sebagai sebuah kesempatan untuk melibatkan para pelanggan sementara para pelanggan menunggu kendaraan mereka,” kata Kaustav Roy, Direktur J.D. Power. “Ini adalah sebuah kesempatan, tidak hanya untuk membangun hubungan dengaan para pelanggan mereka, tetapi juga untuk menciptakan sebuah bisnis baru,” tambah Kaustav.

Dari studi ini juga berhasil menunjukkan bahwa Indonesia memiliki persentase tertinggi di ASEAN dalam kepuasan saat menunggu kendaraan mereka dikerjakan di dealer. 80 persen pelanggan menghabiskan rata-rata 2 jam untuk menunggu kendaraan mereka diservis. Fasilitas di ruang tunggu pelanggan pun semakin meningkat. Namun, yang paling terasa peningkatannya adalah penambahan akses Internet, (bertambah 14 persen dari tahun lalu), valet parking, dan makanan gratis.

Toyota mendapat peringkat tertinggi dalam kepuasan pelayanan secara keseluruhan di antara merek mass market, dengan nilai 769. Toyota tampil sangat baik dalam hal konsultan layanan, fasilitas servis, dan kualitas servis. Nissan berada di peringkat kedua (767), diikuti oleh Mitsubishi (766) dan Daihatsu (765).

Tags: , , , ,


COMMENTS