September 2, 2016

Bagi Pelanggan, Penjelasan Rincian Biaya Sebelum Kendaraan Diservis Itu Sangat Penting

Penulis: Desmal Andi
Bagi Pelanggan, Penjelasan Rincian Biaya Sebelum Kendaraan Diservis Itu Sangat Penting  

MOBITEKNO – Mendapatkan jumlah biaya servis yang besar bisa menjadi sebuaah hal yang menjengkelkan. Apalagi jika biaya tersebut tidak dikonsultasikan terlebih dahulu kepada pelanggan sebelum kendaraan mulai diservis. Namun kini, para dealer resmi semakin meningkatkan pelayanannya kepada pelanggan, terutama dalam hal servis. Konsultasi kepada pelanggan, terutama untuk menerangkan biaya yang akan dikenakan untuk servis kendaraannya menjadi persyaratan utama dari layanan para dealer. Hal ini terungkap dari studi yang dilakukan J.D. Power pada tahun 2016 ini.

Dari hasil studi tersebut menunjukkan bahwa konsultasi layanan akan menjelaskan menyeluruh tentang pekerjaan yang dilakukan pada kendaraan pelanggan. Layanan seperti ini meningkat 82 persen dbandingkan tahun lalu. Sementara di mata para pelanggan, penjelasan untuk masalah rincian biaya juga meningkat menjadi 79 persen pada tahun ini. Tahun sebelumnya, penjelasan rincian biaya hanya sebesar 70 persen.

Dari peningkatan layanan konsultasi kepada pelanggan ini membuktikan bahwa pelanggan memang mengharapkan layanan seperti ini menjadi persyaratan utama mereka untuk melakukan servis di dealer resmi. Dua aktivitas ini, yaitu konsultasi pekerjaan dan rincian biaya menjadi faktor yang sangat penting bagi pelanggan. Dari hasil studi ini, jika kedua layanan ini tidak ada, tingkat kepuasan pelanggan turun drastis hingga 28 poin.

Studi ini juga menunjukkan di antara para pelanggan yang sangat puas dengan pelayanan dealer mereka (kepuasan secara keseluruhan mencapai 797 atau lebih tinggi), 65% mengatakan “pasti akan” datang kembali ke dealer yang sama untuk pelayanan purna-garansi, dibandingkan dengan hanya 47% di antara pelanggan yang merasa sangat tidak puas (nilai 737 atau lebih rendah).

Tags: , , , ,


COMMENTS