August 2, 2016

Tingkatkan Teknologi Pemetaan, Uber Gelontorkan Dana US$ 500 Juta

Penulis: Abdillah
Tingkatkan Teknologi Pemetaan, Uber Gelontorkan Dana US$ 500 Juta  

MOBITEKNO – Peta yang akurat merupakan jantung dari layanan Uber dan membuat bisnis mereka berkembang. Oleh karena itu, perusahaan ride-sharing ini berencana untuk berinvestasi dalam meningkatkan teknologi pemetaan dan data yang memungkinkan untuk mengurangi ketergantungan pada Google Maps. Berdasarkan laporan Financial Times, Uber akan menggelontorkan investasi hingga US$ 500 juta atau sekitar Rp 6,5 triliun.

Brian McClendon, ahli pemetaan Uber mengtakan bahwa peta yang ada menjadi titik awal yang baik, namun gagal untuk memberikan informasi rinci yang diperlukan untuk membangun layanan ridesharing paling efektif dan efisien.

"Ada hal-hal lain yang kita perlu tahu lebih banyak, seperti pola lalu lintas dan pickup yang tepat serta lokasi drop-off. Selain itu, kita harus mampu memberikan pengalaman yang baik di mana tidak ada peta rinci, atau tanda-tanda jalan," tambah pria yang juga pernah memimpin tim Google Maps, dalam sebuah posting blog baru-baru ini.

Saat ini, Uber sudah memiliki kendaraan pemetaan di jalan-jalan di Amerika Serikat dan Meksiko, dan investasi terbaru tampaknya akan mengambil teknologi di seluruh dunia, mirip seperti mobil Google Street View yang telah melintasi dunia selama 10 tahun terakhir.

Upaya lain Uber untuk meningkatkan peta adalah melakukan kesepakatan baru dengan DigitalGlobe, penyedia citra satelit resolusi tinggi. Kesepakatan ini akan membantu mengidentifikasi dan meningkatkan lokasi pick-up dan drop-off . Termasuk proses akusisi perusahaan pemetaan deCarta yang dilakukan tahun lalu, dimana beberapa teknologi serta anggota timnya berada di balik Bing Maps milik Microsoft.

Tags: , , ,


COMMENTS