August 2, 2016

NHK Rintis Siaran TV Pertama di Dunia dalam Resolusi 8K

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
NHK Rintis Siaran TV Pertama di Dunia dalam Resolusi 8K  

MOBITEKNO – Meski standar resolusi Ultra High Definition (UHD) atau dikenal juga sebagai standar 4K belum menjadi ‘mainstream’ di kalangan konsumen, NHK ingin terus melangkah ke depan.

Perusahaan penyiaran (broadcaster) asal Jepang hari ini mengumumkan uji coba siaran TV satelit pertama di dunia dengan standar 8K (4320p) dalam resolusi 7680 x 4320 pixel.

Selain menyiarkan konten berstandar 8K, saluran (channel) uji coba bernama "Super Hi-Vision" baru ini juga akan berisi siaran dengan resolusi 4K. Selain menawarkan ketajaman gambar empat kali lebih baik dari standar 4K, saluran (channel) ini juga membawa teknologi multi kanal audio terbaru berstandar 22.2 channel audio.

NHK akan meng-install stasiun-stasiun khusus agar para pemirsanya di seluruh Jepang bisa menikmati tayangan super tajam tersebut. Rencananya, NHK akan menyiarkan beragam klip/footage dari ajang olah raga akbar Olimpiade Rio 2016 (Olympic Games Rio 2016) di Brazil, dan beberapa acara lainnya, seperti konser dan dokumenter.

Uji coba siaran NHK berformat 8K ini merupakan bagian persiapannya menuju implementasi transmisi konten 8K langsung ke pemirsanya (direct-to-home transmission) pada tahun 2018. Selanjutnya, NHK akan meliput dan menyiarkan seluruh ajang olah raga Olimpiade 2020 di Tokyo (2020 Tokyo Olympics) dalam format 8K.

 

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS