July 2, 2016

Buat Trojan, Kelompok Peretas Cina Bisa Raih Penghasilan 500 Ribu Dollar Per Harinya

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Buat Trojan, Kelompok Peretas Cina Bisa Raih Penghasilan 500 Ribu Dollar Per Harinya  

MOBITEKNO – Cheetah Mobile Securty Research Lab memberi peringatan akan hadirnya trojan ponsel terbaru bernama ‘Hummer’ yang menginfeksi hampir 1.4 juta mobile device per harinya sepanjang paruh pertama 2016. Khusus di Cina, infeksinya mencapai 63 ribu per harinya. Berdasarkan bukti yang dikumpulkan, varian trojan ini berkaitan dengan rantai industri bawah tanah di Cina.

Peneliti keamanan mengklaim ‘Hummer’ merupakan salah satu trojan terbesar yang berhasil menginfeksi jutaan ponsel Android di seluruh dunia. Berdasarkan estimasi Cheetah Mobile, jika para pengembang virus umumnya mampu menghasilkan US$ 0.50 (biaya rata-rata setiap virus berhasil di-install), kelompok hacker di balik trojan ini sanggup meraup penghasilan lebih dari US$ 500 ribu setiap harinya.

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Lab Riset Keamanan Cheetah Mobile, selama periode bulan Januari hingga Juli 2016, rata-rata jumlah ponsel yang terinfeksi ‘Hummer’ mencapai 1.190.000 unit. Tingkat infeksinya dianggap merupakan yang terbesar dari infeksi trojan di ponsel lainnya selama ini.

Infeksi trojan ‘Hummer’ diketahui telah menyebar di seluruh dunia. India, Indonesia, Turki, dan Cina merupakan negara dengan jumlah infeksi terbesar trojan tersebut. Menurut Cheetah Mobile, setidaknya ada 25 negara yang tetrrsebar di emapt benua yang telah menjadi target trojan ‘Hummer’ selam tahun 2016.

Apabila sebuah ponsel terinfeksi ‘Hummer’, trojan ini akan akan me-root ponsel hingga mendapatkan hak administrator sistem. Malware tersebut kemudian akan memunculkan iklan-iklan dan secara tersembunyi meng-install aplikasi-aplikasi yang tidak dibutuhkan atau tidak diinginkan (termasuk malware) di latar belakang sehingga mengkonsumsi data (menambah lalu lintas jaringan).

Oleh karena ‘Hummer’ bisa mendapatkan kontrol administrator dari sistem, Antivirus biasa tidak mampu menghapus trojan tersebut secara tuntas, termasuk – bahkan dengan melakukan factory reset sekalipun.

Cheetah Mobile mengklaim telah memperbaharui produk Antivirus-nya, CM Security and Clean Master, agar bisa memblokir serangan trojan ‘Hummer’. Bagi pengguna yang ponselnya terlanjur telah terinfeksi ‘Hummer’, Cheetah Mobile menyediakan aplikasi pembasminya, yaitu Stubborn Trojan Killer di Google Play Store.

Aplikasi pembasmi malware/rootkit yang tersedia secara gratis ini diklaim Cheetah Mobile dapat membantu para pengguna menghapus berbagai varian trojan ‘Hummer’ dari ponsel Android secara mudah.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS