July 2, 2016

Akuisisi HiAlgo, Ini Tiga Teknologi Kunci yang Ingin Diterapkan AMD pada GPU Radeon

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Akuisisi HiAlgo, Ini Tiga Teknologi Kunci yang Ingin Diterapkan AMD pada GPU Radeon  

MOBITEKNO – Memasuki bulan Juli, AMD mengumumkan akuisisi spesialias software gaming, HiAlgo Inc, untuk mendukung pengembangan paket software Radeon RX Series GPU, baik dalam peningkatan gaming experience maupun efisiensi GPU Radeon di masa mendatang. Sejauh ini AMD belum menyebutkan berapa nilai akuisisi HiAlgo tersebut.

Sejak membagi perusahaannya dalam dua divisi utama (CPU dan GPU), AMD mulai melakukan berbagai pembenahan agar lebih fokus dalam pengembangan dua produknya di masa mendatang.

Salah satu pembenahan pada divisi GPU-nya (Radeon Technology Group) adalah pada aspek software dan driver untuk GPU Radeon. Seperti diketahui, pada era sebelum dibentuk Radeon Technology Group, software dan driver graphics Radeon cukup banyak mendapat sorotan banyak pihak karena kurang optimal dan efisien.

Pembelian HiAlgo diprediksi merupakan salah satu strategi AMD dalam membenahi masalah tersebut. HiAlgo memilki tiga keunggulan teknologi software yang dianggap berguna bagi AMD, yaitu Boost, Switch, dan Chill.

Fitur Boost berperan dalam menurunkan lag dan meningkatkan framerate pada game. Boost juga diklaim bisa mengoptimalkan performa frame demi frame dengan metode rendering resolusi secara dinamis.

Adapun fitur Switch menghadirkan kontrol manual melalui sistem HiAlgo Boost, sedangkan fitur Chill ditujukan untuk mobile gamer dalam memodifikasi framerate dengan metode yang serupa dengan fitur Boost.

Raja Koduri, Senior VP & Chief Architect, Radeon Technologies Group, AMD, dalam rilis yang diterima menyatakan, “Software merupakan bagian integral dari pengembangan graphics, memungkinkan kita untuk mengekstrak silikon GPU secara optimal untuk memaksimalkan kinerja dan memberikan pengalaman yang luar biasa dalam game dan aplikasi.”

“HiAlgo mewujudkan semangat AMD, ketekunan, dan berperan dalam memberikan sejumlah pendekatan kreatif untuk software yang meningkatkan pengalaman gamer, dan membantu future-proof GPU," tambahnya.

AMD belum menyebutkan kapan ketiga teknologi HiAlgo ini akan diintegrasikan pada paket software Radeon. Yang pasti, AMD harus meng-upgrade teknologi HiAlgo agar bisa kompatibel dengan berbagai game DirectX 12 (teknologi HiAlgo baru mendukung DirectX 9).

Tags: , , , , ,


COMMENTS