May 2, 2016

Sensor Sidik LG Innotek Bisa Ditempatkan di Bawah Layar

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Sensor Sidik LG Innotek Bisa Ditempatkan di Bawah Layar  

MOBITEKNO – LG Innotek, perusahaan komponen lektronik yang berada di bawah naungan LG Corp. mengumumkan inovasi terbarunya untuk modul sensor sidik jari (fingerprint sensor) yang dapat ditempatkan di bawah layar smartphone.

Sensor sidik jari yang sudah banyak disertakan pada smartphone sejak tahun lalu, biasanya ditempatkan produsen smartphone (Samsung, Apple, Xiaomi, Lenovo, Huawei, LG, HTC, OpePlus, atau ZTE) pada sisi depan bawah layar atau di sisi belakang.

Selain di sisi depan dan belakang, ada pula produsen menempatkan modul sensor sidik jari di sisi samping smartphone, seperti Sony pada Xperia Z5 dan Z5 Premium.

Menurut LG Innotek, dengan modul sidik jari di bawah layar ini, pengguna tidak perlu lagi menyentuh sidik jarinya pada tombol khusus sehingga lebih mudah dalam meng-unlock smartphone.

Selain itu, manfaat lainnya dari modul sensor di bawah layar adalah produsen smartphone juga bisa meningkatkan daya tahan terhdap air atau debu (waterproofing dan dust protection) sehingga secara tidak langung menurunkan risiko malfungsi pada suatu produk.

Modul sensor sidik jari ini bisa diwujudkan berkat kesuksesan LG Innotek mengembangkan teknologi yang bisa menempelkan modul dalam area hanya sekuran 0,3 mm di bawah permukaan layar kaca smartphone.

LG Innotek yang menawarkan modul sensor ini buat produsen smartphone lainnya (bukan hanya untuk smartphone LG) juga menjamin level keamanan yang sama dengam modul sidik jari yang ada selama ini. Mereka mengklaim modul sensor sidik jari in-glass ini datang dengan tingkat kesahalan (error rate) hanya sebesar 0.002 persen.

Menurut riset IHS, pasokan modul sensor sidik jari akan meningkat tiga kali lipat pada tahun 2020 hingga senilai US$ 1.4 juta. Potensi pasar yang besar ini bisa menjadi peluang bagi LG Corp. untuk melihat pasar di luar smartphone yang semakin sengit dari tahun ke tahun.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS