February 2, 2016

Gmail Menjadi Layanan Ketujuh Google yang Capai Satu Miliar Pengguna Aktif

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Gmail Menjadi Layanan Ketujuh Google yang Capai Satu Miliar Pengguna Aktif  

MOBITEKNO – Google mengumumkan kesuksesan layanan e-mail Gmail dalam merangkul lebih dari satu miliar pengguna aktif bulanan (MAU/monthly active users). Layanan yang pertama kali digulirkan 11 tahun lalu ini menembus angka 1 miliar pengguna setelah sebelumnya Google melaporkan pengguna Gmail yang mencapai 900 juta di ajang Google I/O pada Mei tahun lalu.

Raihan pengguna Gmail di atas 1 miliar ini menambah deretan kesuksesan enam layanan Google lainnya yang sebelumnya telah meraih jumlah pelanggan satu miliar, seperti Search engine, browser Chrome, mobile OS Android, navigasi peta Maps, video streaming YouTube, dan portal aplikasi Google Play.

Menurut keterangan terakhir Google, 75 persen pengguna Gmail mengaksesnya akun e-mail-nya dari erangkat mobile. Persentase ini diperkirakan akan bertambah saat penggunanya menembus angka 1 miliar saat ini.

Meski Google juga menawarkan layanan email lainnya, yaitu Inbox, dengan konsep user experiences yang berbeda, sejauh ini Inbox masih belum menarik banyak pengguna Gmail untuk beralih ke Inbox.

Angka statistik Gmail lainnya yang menarik adalah fitur ‘smart reply’. Menurut Google, fitur Gmail yang otomatis membuat respons jawaban yang direkomendasikannya berkontribusi sebanyak 10 persen dari semua jawaban balik (replies) Gmail versi mobile.

 

Tags: , , , , ,


COMMENTS