June 1, 2016

Computex 2016: MediaTek PumpExpress 3.0 Janjikan Pengisian Baterai 70 Persen Dalam Waktu 20 Menit

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Computex 2016: MediaTek PumpExpress 3.0 Janjikan Pengisian Baterai 70 Persen Dalam Waktu 20 Menit  

MOBITEKNO – Teknologi pengisian baterai instan (fast/rapid charging) pada hadir dalam berbagai istilah marketing. Misalnya, Qualcomm dengan Quick Charge, OPPO dengan Super VOOC, HTC dengan Rapid Charger, atau Huawei dengan SmartPower.

Meski belum sepopuler Qualcomm Quick Charge, produsen chipset lainnya, MediaTek juga punya teknologi fast charging bernama PumpExpress. Pada pameran komputer Computex 2016 di Taiwan, MediaTek baru saja mengumumkan standar terbarunya, yaitu PumpExpress 3.0.

MediaTek mengklaim bahwa PumpExpress 3.0 bukan hanya lebih cepat mengisi baterai, tapi juga lebih adem (cooler), aman, dan efisien. Bakal hadir pada kuartal ketiga tahun ini, solusi charging PumpExpress 3.0 baru ini dijanjikan bisa mengisi baterai smartphone hingga 70 persen hanya dalam 20 menit.

Hebatnya lagi, menurut pengakuan MediaTek, PumpExpress 3.0 menawarkan waktu pengisian baterai 2x lebih cepat dari standar fast charging lainnya. Selain itu, charging dengan standar PumpExpress 3.0 juga lebih cepat 5x jika dibandingkan dengan charging konvensional.

Menurut MediaTek, teknologi charging PumpExpress 3.0 telah mengimplementasikan metode charging langsung (direct charging) USB Type-C dalam memasok daya listrik ke baterai. Pasokan listrik dari adaptor ke baterai terjadi secara langsung (direct) karena melewatkan (mem-bypass) sirkuit charging pada smartphone.

Selain mencegah perangkat menjadi terlalu panas (overheating), metode PumpExpress 3.0 juga bekerja lebih efisien (bisa mencapai 95 persen). MediaTek juga memastikan bahwa solusi charging ini aman bagi smartphone dan charger (tidak overheating) karena telah menerapkan 20 sistem proteksi device internal.

Rencananya, standar PumpExpress 3.0 akan tersedia bersamaan dengan chipset Helio P20 pada akhir tahun ini. Solusi charging juga bakal hadir pada chipset mendatang, termasuk opsi menyatukannya di dalam SoC jika memang diperlukan MediaTek.

 

Tags: , , ,


COMMENTS