February 1, 2016

Apple Ingin Seriusi Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality

Penulis: Desmal Andi
Apple Ingin Seriusi Teknologi Virtual Reality dan Augmented Reality  

MOBITEKNO – Apple yang saat ini selalu serius dalam menggarap iPhone, iPads, dan Macs, tampaknya akan lebih serius untuk menggarap pasar lainnya, yaitu Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Seperti dilaporkan Financial Times dari mashable, Apple baru saja memperbesar tim VR dan AR untuk mengembangkan teknologinya. Bahkan, menurut laporan, Apple sudah siap dengan sebuah produk prototipenya, yaitu sebuah headset berteknologi AR.

Apple tidak main-main dalam membidik dunia VR dan AR ini. Ratusan pekerja dengan latar belakang peneliti kini masuk ke dalam tim VR Apple. Bahkan, masih menurut Financial Times, minggu lalu Apple merekrut Doug Bowman, pakar 3D interface dengan pengalaman di dunia Virtual Reality dan Augmented reality untuk bergabung ke unit penelitian Apple.

“Dalam hal virtual reality, Saya berpikir itu adalah pasar yang terbatas,” ujar Tim Cook seperti dikutip dari Mashable. “Saya pikir itu (Apple) bisa melakukannya, dan hal ini benar-benar keren karena bisa memiliki aplikasi-aplikasi yang menarik,” tambah Cook.

Tahun lalu, Apple juga telah mengakuisisi beberapa perusahaan yang bergerak di dunia VR dan AR, seperti Metaio, Faceshift, dan Emotient. Apple juga memegang beberapa paten penting yang berhubungan dengan display yang dipasang di kepala (head mounted display).

VR menjadi fokus besar pada tahun 2016 ini. Beberapa perusahaan pun sudah siap untuk menampilkan teknologi virtual reality pada produk-produk barunya. Oculus, HTC, dan Sony Playstation telah siap dengan produk virtual reality-nya dan sudah siap dilepas untuk konsumen di dunia.

Sumber: Mashable

Tags: , , , ,


COMMENTS