May 30, 2015

Pabrik Suzuki di Cikarang Telah Adopsi Teknologi Modern

Penulis: Eko Lannueardy
Pabrik Suzuki di Cikarang Telah Adopsi Teknologi Modern  

MOBITEKNO – PT Suzuki Indomobil Motor (PT SIM) telah memiliki pabrik keempat yang terletak di Kawasan Industri Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang – Bekasi, Jawa Barat. Diresmikan pada tanggal 29 Mei 2015, pabrik ini berdiri diatas tanah seluas 130,7 hektar dan luas bangunan 11 hektar.

Pabrik ini didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk kendaraan roda empat bagi pasar otomotif nasional/domestik dan ekspor. Menyerap tenaga kerja lebih dari 1000 orang, pabrik ini memiliki area yang terbagi menjadi dua bangunan dengan dua proses produksi.

Bangunan pertama, yakni Power Train Production memiliki luas bangunan 35.000 meter persegi. Jumlah karyawan di bagian proses ini sebanyak 484. Proses yang terdapat di dalam Power Train Production adalah proses pengerjaan engine dan trasmisi.

Sedangkan bangunan kedua yakni Assembly Production yang dibangun seluas 71.050 meter persegi. Untuk proses produksi ini, jumlah karyawan yang ditampung sebanyak 668 orang. Proses aktivitas dalam Assembly Production meliputi pressing, welding, painting body, resin, seat, assembling, dan final inspection.

Untuk menunjang kegiatan proses produksi tersebut, pabrik PT SIM yang terbaru ini dilengkapi dengan mesin dan robot berteknologi modern. Di sela-sela acara peresmian, Osamu Suzuki, Chairman Suzuki Motor Corporation menegaskan bahwa teknologi tersebut menjadi keunggulan pabrik PT SIM yang terletak di Cikarang ini.

"Hampir seluruh proses produksi yang dilakukan di pabrik ini telah menggunakan teknologi robot. Dengan adanya teknologi tersebut proses kerja bisa lebih akurat, efektif dan efesien. Tak hanya itu, pabrik ini juga memiliki fasilitas Forging (membuat Gear sendiri) dan Seat (membuat Jok mobil)," ujar Osamu.

Hal menarik lainnya, pabrik ini juga dilengkapi dengan High Way Test Track. Fasilitas ini sengaja dibangun untuk menguji secara langsung mobil yang telah keluar dari proses final inspection. Tak hanya itu, fasilitas lainnya yang tersedia adalah ruang ibadah, poliklinik dan kantin untuk karyawan.

Saat ini, pabrik PT SIM Cikarang dibangun untuk memproduksi mobil Ertiga seluruh tipe untuk pasar nasional dan ekspor ke Thailand dan Brunei Darussalam. Untuk engine yang diproduksi adalah mesin Ertiga (K14B/1400 cc) dan Karimun Wagon R (K10B/1000 cc) serta transmisi kendaraan roda empat yang juga diekspor ke Thailand dan Pakistan.

Tags: , , ,


COMMENTS