June 29, 2015

Parade Ribuan Mobil Retro Plus Tanam Pohon Meriahkan Gelaran IIMS 2015

Penulis: Eko Lannueardy
Parade Ribuan Mobil Retro Plus Tanam Pohon Meriahkan Gelaran IIMS 2015  

MOBITEKNO – Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 menjelang akhir Agustus nanti semakin meriah dengan hadirnya ribuan mobil retro atau klasik. Pasalnya, sekitar 1500 mobil tersebut pada tanggal 22 Agustus 2015 nanti akan konvoi dari Senayan menuju lokasi IIMS 2015 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat.

Acara yang dihimpun ke dalam Thousands Car March (TCM) rencananya juga akan dicatatkan MURI sebagai rekor konvoi terpanjang sekaligus rekor silaturahmi terbanyak yang melibatkan komunitas otomotif. Andry Black, Ketua Panitia Pelaksana dan Bunga Swastika, perwakilan dari Dyandra Promosindo menegaskan bahwa TCM memang bagian dari penyelenggaraan IIMS 2015, tapi sesungguhnya memiliki banyak tujuan.

“Saat ini banyak sekali komunitas otomotif berdasarkan hobi, spesifikasi atau merek mobil. Kami ingin menyatukannya dalam satu ajang silaturahmi akbar tanpa melihat identitas ataupun eksklusifitas masing-masing. Pokoknya komunitas otomotif, semua terwakili. Yang alirannya classic, hot road, sporty, maupun custom. Dari tahun produksi 1990-an sampai produksi pra Perang Dunia. Semua itu belum pernah dipersatukan dan jalan bersama,” sebut Andry.

Bunga menambahkan, kegiatan tersebut pasti akan menarik perhatian publik sepanjang jalan (arteri maupun tol dalam kota) saat penyelenggaraan. Karena itu dinilai akan efektif pula jika dipakai sebagai wacana kampanye tertib berlalu lintas dan bakti sosial berupa donasi kepada lembaga-lembaga pelestari lingkungan hidup melalui Kementerian Lingkungan Hidup.

“Kemacetan jalanan sehari-hari sudah berada pada titik sangat memprihatinkan dan kita sadari sebagian penyebabnya adalah ketidakdisiplinan para insan otomotif sendiri. Pada acara ini wajib hukumnya semua peserta mengutamakan keselamatan dan ketertiban berlalulintas. Mereka dan selanjutnya anggota perkumpulan masing-masing harus jadi contoh sehari-hari,” tandas Bunga.

Baik Andry maupun Bunga juga menjanjikan, penyelenggaraan TCM tidak akan merugikan kepentingan umum saat penyelenggaraan. Panitia akan mengatur sistem konvoi yang dilakukan sedemikian rupa agar tidak justru menciptakan kemacetan.

“Pemilihan di hari Sabtu pagi salah satunya untuk menghindari dampak kemacetan. Di Senayan tersedia kantong-kantong parkir yang tersebar di beberapa titik. Peserta saat masuk dan keluar tol akan diatur sedemikian rupa dan dilepas per kelompok agar bisa lebih rapi. Semuanya tentu dilakukan lewat koordinasi bersama pihak-pihak terkait,” ujar Bunga.

“Alhamdulillah antusiasme peserta sangat tinggi. Itu tampak jelas dalam banyaknya perwakilan komunitas otomotif yang hadir di sini. Mereka juga antusias melaksakan bakti sosial bersama,” kata Andry usai acara sosialisai TCM di Beranda Kitchen, Kebayoran Baru yang diikuti 30-an klub otomotif.

Pada kesempatan sosialisasi itu, Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh juga menekankan perlunya kegiatan-kegiatan sosial di sela-sela penyelenggaraan IIMS. Salah satunya adalah kegiatan tanam pohon bersama Kementerian Lingkungan Hidup.

Intinya, setiap klub yang berpartisipasi di TCM akan memberikan donasi lewat Kementerian Lingkungan Hidup dan selanjutnya digunakan menanam pohon-pohon baru di lokasi yang menjadi domain KLH. Semua pohon akan dicatat dan di-record dengan kamera GPS secara berkala dan akan di up-load ke situs TCM yang terhubung dengan situs KLH dan Dyandra. Sehingga bisa dipantau perkembangan pohon-pohon tersebut.

Klub-klub yang sudah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini antara adalah PPMKI, MB Club Ina, JHCC, BMWCCI [TBC], VW Indonesia [TBC], Triple C, IARC, MOC, BARTARD DRIVER, Dudi Njend, SGF, TKKI, E80 Community, Bright, Old Datsun Indonesia, RiF, KIKOFAM, HAE Community, NDCI, Fordline, CIC, TCI, MRC, AERO, Civic Oldskool ind, CCC, Ketombe, BCRC, Station Wagon Enth, dan Red Car Community.

Tags: , , ,


COMMENTS