May 29, 2015

Hormati Hari Lansia Nasional: Ford Tunjukkan Inovasi Third Age Suit untuk Lansia

Penulis: Desmal Andi
Hormati Hari Lansia Nasional: Ford Tunjukkan Inovasi Third Age Suit untuk Lansia  

MOBITEKNO – Ford Motor Company turut mendukung Hari Lansia Nasional yang jatuh pada tanggal 29 Mei ini. Inovasi yang ada pada Ford juga ditujukan untuk kaum lanjut usia yang memiliki berbagai keterbatasan, terutama saat berkendara di dalam mobil.

Melalui semangat One Ford, saat ini Ford berusaha menyatukan semua sumber daya terbaiknya, terutama untuk menciptakan inovasi-inovasi baru dengan teknologi canggih. Namun, para engineer di Ford juga harus memahami beberapa karakter pengemudi sehingga mereka bisa menciptakan sebuah produk yang ramah bagi semua tipe pengemudi, termasuk lansia.

Salah satu inovasi yang dilakukan Ford adalah Third Age Suit, rancangan baju yang dapat mensimulasikan pemakainya untuk merasakan kesulitan yang dihadapi lansia. Dengan demikian, para desainer Ford dapat memahami cara para lansia berinteraksi dengan kendaraan yang sedang mereka kembangkan.

Melalui Third Age Suit, para desainer dan insinyur di Ford akan merasa 30 tahun lebih tua dari usia yang dimilikinya. Mereka akan merasakan masalah-masalah yang dihadapi lansia, seperti masalah pendengaran, penglihatan, hingga postur tubuh yang sudah tidak fleksibel.

Desain pakaian dalam Third Age Suit dapat mensimulasikan keadaan orang lanjut usia. Oleh sebab itu, pakaian ini dilengkapi dengan pemberat yang dapat menggambarkan keadaan sendi-sendi yang sudah mulai renta, penjepit yang dapat mengikat dan menekan bahu, sarung tangan yang bisa merasakan hilangnya daya cengkeram, dan penghalang pendengaran serta penglihatan yang dapat mensimulasikan pandangan lansia yang sudah mulai kabur atau pendengaran yang sudah tidak begitu sempurna.

Dengan terhambatnya insinyur Ford yang menggunakan pakaian ini, mereka bisa mendesain kendaraan dengan lebih baik dan bisa diterapkan pada semua level umur. Contohnya adalah jarak kursi ke dashboard atau setir yang kadang ukurannya menyulitkan pergerakan para lansia.

 

Tags: , ,


COMMENTS