August 28, 2015

Menjajal KIA New Sportage Diesel di Parade Test Drive IIMS

Penulis: Angga Ramadhan
Menjajal KIA New Sportage Diesel di Parade Test Drive IIMS  

MOBITEKNO – Setelah memperkenalkan kepada pengunjung IIMS 2015, kali ini Mobitekno berkesempatan mencicipi sosok KIA New Sportage Diesel.Bertepatan dengan Parade Test Drive, Mobitekno mencoba keunggulan yang ditawarkan mobil ini, terutama performa mesin dieselnya.

Masuk kedalam kabin, tidak ada perbedaan yang signifikan antara interior KIA Sportage Diesel dengan saudaranya yang bermesin bensin. Kualitas kabin tetap solid khas KIA dengan material yang cukup baik. Bagian arm rest yang berada di konsol tengah dibalut dengan bahan kulit. Namun, beberapa area tetap menggunakan bahan plastik keras. Beberapa tombol kosong juga terlihat di dashboard. Hal ini karena KIA menyesuaikannya dengan kondisi yang ada di masyarakat Indonesia.

Putar kunci kontak ke posisi on, seketika panel instrument menyala. On board computer sendiri cukup lengkap menampilkan berbagai macam informasi seperti jarak tempuh yang tersedia dengan sisa bensin yang berada di tangki, konsumsi bbm rata- rata, dan tentu saja odometer.

Nyalakan mesin, tidak terdengar sama sekali suara mesin diesel dari dalam kabin. Sangat terasa nyaman dan mengagumkan. Suara mesin berhasil diisolasi dengan bahan-bahan peredam yang berkualitas. Begitu juga dengan getaran khas mesin diesel yang selama ini dikenal cukup keras. Di Kia Sportage Diesel, getaran mesin juga hampir tidak terasa. Intinya, mirip seperti Anda menaiki versi bensinnya. Tampaknya, KIA benar-benar bekerja ekstra keras di area ini dan berhasil dengan amat baik untuk memecahkan mitos bahwa mesin diesel itu berisik dan penuh dengan getaran.

Selanjutnya, pindah transmisi ke posisi D. Sistem transmisi mobil ini menggunakan sistem Tiptronic. Mobil mulai perlahan merayap dan lagi-lagi tidak terasa perbedaan sama sekali dengan mesin bensin sehingga terkadang Mobitekno lupa kalau mobil ini sebenarnya bermesin diesel. Satu-satunya pengingat bahwa mobil ini bermesin diesel adalah ketika melirik ke tachometer dan terlihat redline di angka 4500 rpm. Geser tuas transmisi ke kanan dan seketika transmisi memasuki mode sport. Pedal gas pun diinjak penuh supaya transmisi melakukan kick down. Mesin diesel 2000 cc dengan variable geometry turbocharger ini melakukan tugasnya dengan amat baik.

begitu jalan, badan langsung menempel ke sandaran jok walaupun putaran mesin baru berada di 1500 rpm. Sensasi yang luar biasa ini terjadi akibat torsinya sebesar 390 Nm yang bisa diraih dari 1800 RPM. Torsi besarnya ini yang membuat mobil ini mampu merayap di tanjakan bahkan tanpa pedal gas diinjak sekalipun. Di mesin bensin, hal ini bisa terjadi pada mesin yang berkapasitas besar. Sayang, karena keterbatasan arena pengujian, Mobitekno tidak dapat mengeksplorasi keseluruhan tenaga 177 HP tenaga yang disediakan mobil ini.

Handling-nya sendiri cukup baik. Di tikungan berkecepatan rendah mobil ini tidak terasa memilii gejala-gejala understeer ataupun oversteer sehingga mudah diatur. Setir mampu memberikan feedback yang baik meskipun menggunakan elektrik power steering. Suspensinya mampu meredam guncangan dengan baik, mendekati kenyamanan beberapa mobil Eropa yang berada satu kelas diatasnya.

Menarik untuk diketahui adalah bagaimana konsumsi bahan bakarnya jika diajak mengarungi kemacetan khas ibukota karena pada umumnya mesin diesel memiliki konsumsi solar yang sangat efisien. Dan jika Anda ingin membawa mobil ini keluar kota, Anda tidak perlu khawatir karena KIA mengklaim Sportage Diesel aman untuk menenggak solar biasa karena terdapat 2 filter yang mampu menyaring kotoran yang biasanya terdapat di solar biasa.

 

Tags: , , ,


COMMENTS