September 27, 2015

Supercar Bloodhound SSC Siap Tembus Kecepatan Seribu Mil per Jam

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Supercar Bloodhound SSC Siap Tembus Kecepatan Seribu Mil per Jam  

MOBITEKNO – Belum lama ini para insinyur Inggris mengumumkan bakal hadirnya mobil tercepat di dunia, Bloodhound SSC, yang didesain bisa menembus kecepatan 1,000 mil/jam (sekitar 1600 km/jam).

Supercar atau wahana darat supersonik buatan Inggris ini memiliki panjang 13.5 meter dan berat sekitar 6400 kg. Tenaga penggerak atau pendorongnya mengandalkan mesin roket dan jet agar bisa mengahsilkan tenaga 135 ribu bhp.

Apabila supercar sebelumnya, Thrust SSC, hanya dapat mencapai kecepatan 763 mil/jam (mph), tim dibalik Bloodhound berniat untuk mencetak rekor tercepat di atas 1.000 mil/jam.

Dua sosok yang paling mengetahui seberapa cepat nantinya Bloodhound SSC saat diujicoba adalah Andy Green (pemegang rekor LSR/land speed rekor) dan Richard Noble. Rekor tercepat di darat yang dipegang Andy Green saat ini tercatat pada kecepatan 763 mil/jam (mph).

Baik Andy dan tim Bloodhound yakin jika Bloodhound bakal siap menembus target kecepatan tersebut (peningkatan kecepatan hingga 33 persen) saat diuji coba tahun depan.

Untuk mencapai kecepatan di atas 1.000 mil/jam, Bloodhound akan dilengkapi dengan mesin Typhoon jet fighter. Supercar ini pun harus bisa tahan terhadap suhu setara vulkanik di dalam mobil saat mesin berkekuatan 135 ribu bhp bekerja. Mesin ini diklaim bisa menempuh jarak satu mil hanya dalam waktu 3,6 detik.

Sukses tidaknya Bloodhound mencetak rekor juga masih perlu mendapat persetujuan badan rekor Guinness World Record yang memberikan dua syarat utama. Pertama, Bloodhound harus memiliki empat (4) roda yang harus selalu kontak dengan tanah. Syarat kedua, catatan kecepatannya harus merupakan hasil perhitungan dari dua arah berlawanan (menghindari faktor arah angin dan kemiringan permukaan).

Sebelum menyaksikan aksi Bloodhound nanti, simak dulu video time-lapse video proses pembuatan supercar tersebut di bawah ini.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS