October 26, 2015

Teknologi Hands Free Tetap Mengganggu Proses Mengemudi

Penulis: Desmal Andi
Teknologi Hands Free Tetap Mengganggu Proses Mengemudi  

MOBITEKNO – Siapa bilang menggunakan Siri di iPhone dengan tangan tetap pada kemudi menjadi cara yang aman untuk berkomunikasi dalam mengemudi? Ternyata hal ini diragukan oleh AAA Foundation, lembaga yang mengkaji keselamatan berlalu-lintas.

Menurut laporan AAA Foundation yang dirilis minggu lalu, ternyata dari hasil penelitian, teknologi hands free ini tetap dapat mengganggu pengemudi, walaupun mata tetap memandang ke depan dan tangan ada di kemusi. Pengujian ini meliputi berbagai sistem infotainment yang ada di kendaraan.

Padahal di era sekarang ini, banyak mobil modern yang sudah dilengkapi dengan sistem infotainment canggih, lengkap dengan fungsi kontrol navigasi, audio, dan berbagai fungsi lainnya. Dengan sistem ini, mobil dapat meng-install sistem hands free yang memungkinkan pengemudi untuk mengoperasikan sistem infotainment dengan perintah suara dan menghubungkannya dengan smartphone Android atai iOS.

Dari hasil penelitian ini, ternyata pengemudi tetap terganggu setidaknya 27 detik setelah melakukan tindakan kepada sistem infotainment-nya. Namun, AAA mencatat bahwa semua sistem bisa menimbulkan potensi bahaya saat mengemudi. Bahkan, sistem terbaik pun bisa mengganggu pengemudi selama 15 detik setelah melakukan aktvitas terhadap sistem infotainment.

Penelitian yang dilakukan AAA menggunakan sistem lima poin dimana perolehan satu poin dianggap sebagai gangguan ringan dan lima poin menggambarkan gangguan yang sangat tinggi. AAA membagi penelitian dalam lila kategori, yaitu kategori satu seperti tindakan mendengarkan radio atau audio book, kategori dua seperti berbicara dengan menggunakan telpon, kategori tiga setara dengan mengirimkan teks suara, kategori empat meng-update sosial media, dan kategori lima seperti melakukan tindakan yang berlebih saat mengemudi.

Namun, AAA menganggap kategori di atas dua sudah merupakan gangguan yang membahayakan. Berbagai mobil seri 2015 digunakan dalam penelitian ini dengan 257 pengemudi sebagai objek penelitian yang berusia 21-70 tahun. AAA juga menguji penggunaan Google Now, Siri, dan Cortana untuk perintah suara.

Hasilnya, penggunaan Google Now menjadi yang terbaik dalam penelitian dengan nilai 3.0, disusul Siri dengan 3,4, dan Cortana 3,8.

“Para pengembang harus selalu berusaha untuk mengurangi gangguan dengan mendesain sistem yang tidak terlalu menuntut (pengemudi) untuk mendengarkan radio ata audio book,” kata Marshall Doney, president dan CEO AA, seperti yang dikutip dari Mashable.

Jadi, dengan hasil penelitian ini, para pengemudi di jalan raya tidak boleh mengacu kepada mitos bahwa hands free menjadi cara aman untuk berkomunikasi saat mengemudi. AAA  juga menganggap bahwa pandangan fokus ke depan dan tangan di kemudi dengan mempertimbangkan untuk mendengarkan radio merupakan cara yang baik dalam mengemudi.

Sumber: mashable

Tags: , ,


COMMENTS