September 26, 2015

Glowforge Hadirkan Printer 3D Generasi Baru

Penulis: Desmal Andi
Glowforge Hadirkan Printer 3D Generasi Baru  

MOBITEKNO –  Lupakan printer 3D konvensional yang hanya bisa membuat objek dari material berbahan plastik. Kini, sebuah perusahaan yang berbasis di Seattle, Washington, Amerika Serikat, baru saja mengenalkan generasi berikutnya dari printer 3D.

Dari pengembangan yang dilakukannya selama ini, printer 3D yang mereka namakan Glowforge 3D Laser Printer hadir dengan cara kerja yang berbeda. Printer ini beroperasi dengan cara memotong apa saja desain yang disuguhkan lalu hasilnya bisa dirangkai menjadi objek berbentuk 3D.

Menariknya, bahan apapun bisa dijadikan pola untuk membuat sebuah bentuk 3D. Anda ingin membuat sebuah dompet kulit dari bahan sisa kulit yang Anda miliki? Gambar sebuah pola dari bahan sisa tersebut lalu upload ke website Glowforge atau bisa juga dengan aplikasi di smartphone. Masukkan bahan dan pola yang sudah digambar ke dalam printer. Hasilnya, printer akan memotong pola yang Anda buat dengan sangat rapi dan selanjutnya tinggal dibentuk menjadi sebuah dompet.

Karena proses kerja printer Glowforge 3D ini menggunakan proses manufaktur, maka tidak ada batasan bahan yang bisa diolah dengan printer ini. Tidak hanya kulit, papan kertas, kayu, hingga akrilik bisa diolah sesuai dengan desain yang diminta. Dalam sebuah video yang dirilis perusahaan ini, mereka mengklaim bahwa printer ini sanggup memotong sebuah bentuk dengan tingkat akurasi hingga selebar rambut manusia.

Pihak perusahaan menawarkan printer ini seharga US$ 8.000. Namun, dengan sistem Pre Order, printer ini bisa didapatkan dengan harga US$ 4.000 dan akan segera dikirim sekitar bulan Desember 2015.

Sumber: glowforge, digitaltrends

Tags: , ,


COMMENTS