November 24, 2015

Selain Video, Opera Max Terbaru Juga Bisa Menghemat Pemakaian Data Streaming Audio di Android

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Selain Video, Opera Max Terbaru Juga Bisa Menghemat  Pemakaian Data Streaming Audio di Android  

MOBITEKNO – Pola pemakaian data dari pengguna smartphone kian meningkat dari tahun ke tahun. Selain aplikasi social media, pengunaan aplikasi streaming video atau audio juga berkontribusi dalam peningkatan konsumsi data pengguna smartphone.

Opera yang lebih dikenal dengan browser Opera mencoba ‘menekan’ pola konsumsi data pengguna smartphone Android (Android 4.0 ke atas) yang kian meningkat tersebut dengan solusi software-nya yang disebut Opera Max.

Opera Max menyediakan fungsi manajemen dan kompresi data yang diklaim menjadi aplikasi pertama di dunia yang bisa mengoptimalkan proses streaming video dan audio.

Setelah mengimplentasikan fungsi penghemat data pada aplikasi YouTube dan Netflix sekitar sebulan lalu, Opera mulai mengimpelentasikan fitur penghemat datanya (data saving) pada aplikasi streaming musik/audio, seperti YouTube Music, Pandora, Slacker Radio, dan sejenisnya.

Menurut Sergey Lossev, Manajer Produk di Opera, “Semakin banyak orang yang menikmati musik favorit mereka melalui aplikasi; tapi aplikasi tersebut juga memakan banyak data Internet dengan sangat cepat.”

“Kini, kami telah menambahkan fitur kompresi audio untuk beberapa aplikasi musik, sehingga pengguna bisa menikmati streaming musik tanpa harus mencari jaringan Wi-Fi. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki mobile data yang terbatas”, tambah Sergey.

Sebagai gambaran, berdasarkan riset Next Big Sound, 1 triliun streaming audio telah dimainkan dalam enam bulan terakhir ini sepanjang tahun 2015. Itu artinya, rata-rata ada 140 streaming musik yang dimainkan setiap orang di dunia.

Meskipun mendengarkan lagu dari aplikasi streaming musik atau radio online mungkin dianggap tidak terlalu signifikan menghabiskan paket data dibandingkan streaming video. Namun, data yang menunjukan bahwa pengguna yang mendengarkan lagu dari aplikasi streaming selama 9 jam akan menghabiskan data sebesar 1 GB tentu tidak bisa diangap sepele.

Perlu diketahui, Opera Max juga memakai pengoptimalan streaming audio dengan teknologi Rocket Optimizer yang selama ini telah diterapkan pada streaming video. Opera Max juga mendukung pengoptimalan streaming audio berformat MP3 dan MP4, termasuk mengkonversinya ke format codec yang lebih efisien, yaitu AAC+.

 

Tags: , , ,


COMMENTS