May 23, 2015

Ford Beri Fitur Pro Trailer Backup Assist pada Ford F-150 2016

Penulis: Desmal Andi
Ford Beri Fitur Pro Trailer Backup Assist  pada Ford F-150 2016  

MOBITEKNO – Fitur ini akan membantu pengemudi untuk mengawasi posisi trailer yang ada dibelakang kendaran. Bukan rahasia lagi, salah satu masalah pada mobil jenis pickup saat menarik sebuah trailer di belakangnya.

Tidak hanya pengemudi amatir, yang sudah profesional pun seringkali kerepotan saat mengawasi trailer agar tetap di jalurnya. Masalah akan lebih sulit jika ingin menngatur trailer pada saat mobil mundur. Terkadang kepala harus sering menengok ke belakang atau bahkan ke luar jendela untuk memastikan posisi trailer di belakangnya sudah benar-benar seperti yang diharapkan pengemudi.

Seperti yang dilansir oleh Wired, latar belakang inilah yang membuat Ford mengembangkan fitur Pro Trailer Backup Assist. Fitur ini segera dipasang pada Ford F-150 tahun 2016. Sistem ini memanfaatkan electric power steering yang ada di kendaraan. Melalui sebuah tombol putar di dashboard, pengemudi dapat mengatur posisi penempatan trailer. Kamera belakang akan aktif saat sistem ini digunakan.

Dengan kamera belakang yang aktif, sistem akan mengukur sudut putar dan selanjutnya akan memberikan referensi ke komputer mobil untuk pergerakan roda depan agar posisi trailer dapat mengikuti  keinginan pengemudi. Saat mundur, secara otomatis mobil akan mengatur kecepatan yang aan dan bergerak secara otomatis sampai posisi trailer sesuai dengan yang diinginkan. 

 

Sumber: Wired

Tags: , ,


COMMENTS