December 22, 2015

Mengaku Kecanduan Game ‘Fallout 4’, Gamer Rusia Tuntut Pengembang Bethesda

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Mengaku Kecanduan Game ‘Fallout 4’, Gamer Rusia Tuntut Pengembang Bethesda  

MOBITEKNO – Game Fallout 4 adalah game RPG (role-playing game) dari Bethesda Game Studios dan dipublikasikan Bethesda Softworks yang mengambil setting era post apocalyptic.

Baru-baru ini, seorang gamer asal Rusia menuntut tanggung jawab pembuat mage RPG tersebut karena membuatnya menjadi ketagihan bermain game. Menurut gamer 28 tahun yang tidak disebutkan namanya ini, saking ketagihannnya bermain Fallout 4, Ia pun harus menanggung konsekuensi buruk yaitu kehilangan pekerjaan dan bercerai dengan istrinya.

Terlepas dari motivasi sebenarnya dari gamer tersebut, adanya tuntutan seorang gamer ke pembuat game bukan terjadi sekali ini saja. Tercatat, lima belas tahun lalu seorang gamer asal Hawai pernah melakukan tuntuan ke developer game NCSoft karena merasa kecanduan dengan MMO game (massively multiplayer online game) Lineage II meski tuntutanannya tersebut akhirnya ditolak pengadilan.

Sebenarnya sudah banyak contoh buruk pengaruh game yang bersifat ‘nyandu’. Kasus kematian seorang gamer Cina awal tahun ini karena duduk dan bermain game MMO, World of Warcraft, secara konstan selama 19 jam menambah daftar kematian akibat bermain bebrapa game yang dianggap bersiafat adiktif.

Akibat buruk yang ditanggung gamer Rusia tersebut memotivasinya unutk melakukan tuntuan ke pihak developer Bethesda dan satu perusahaan lokal di Rusia untuk mengganti rugi sebesar 500 ribu Rubel (sekitar US$ 7 ribu).

Menurut gamer tersebut, pihak Bethesda seharusnya memberi peringatan akan bahaya adiktif dari Fallout 4 tersebut sehingga dampaknya bisa diminimalisir. Gamer tersebut berdalih jika ia mengetahui bahaya bermain game tersebut, ia bisa mengantisipasinya dengan menunggu hingga musim liburan untuk bermain Fallout 4.

Game Fallout 4 yang berbasis engine Creation Engine ini sudah tersedia untuk platform PC, PlayStation 4, hingga Xbox One melalui distribusi Steam (PC), Xbox Live (Xbox One), dan PSN (PlayStation).

 

Tags: , , , , , ,


COMMENTS