August 20, 2015

Apple Tunda Luncurkan Perangkat TV Sampai 2016

Penulis: Elizabeth Swanti
Apple Tunda Luncurkan Perangkat TV Sampai 2016  

MOBITEKNO – Para penggemar Apple akan menunggu dua kejutan dari perusahaan ini di tahun depan: layanan televisi, dan Apple Car. 

Rencana peluncuran Apple TV melalui Internet yang sedianya akan dilakukan pada 9 September mendatang, dikabarkan akan ditunda hingga tahun depan. Menurut sumber terdekat Apple sebagaimana dikutip melalui BuzzFeed, pembicaraan mengenai lisensi program dari jaringan televisi seperti  CBS Corp dan 21 Century Fox Inc berjalan dengan lambat. Selain itu, Apple juga tidak memiliki kapasitas jaringan komputer di tempat untuk memastikan pengalaman menonton yang baik. Untuk itulah, perusahaan besutan Steve Jobs ini harus bekerjasama dengan sejumlah televisi jaringan.

Dengan keterbatasan konten yang masih ada, Apple memutuskan untuk menunda pengumuman layanan terbarunya ini. Semula, pengumuman ini akan dilakukan di sebuah acara televisi di San Fransisco pada 9 September mendatang. Hal ini bertepatan dengan awal musim baru TV jaringan.

Program televisi merupakan bagian penting dari strategi Apple untuk memanfaatkan layanan musik, informasi, dan hiburan yang sudah tersedia di perusahaan tersebut. Namun, batu sandungan utama layanan ini adalah harga konten. Dengan harga lagu di iTunes yang hanya senilai 99 sen, apabila digunakan untuk paket saluran populer yang menghabiskan US$ 40 per bulan, maka semua pihak akan merugi secara perlahan. Pasalnya, US$ 40 itu hanya bernilai setengah dari tagihan rata-rata televisi kabel di Amerika.

Meski demikian, hal ini sangat dilirik oleh para pemilik stasiun televisi jaringan. Prospek pemain baru yang bersedia membayar untuk jaringan mereka sangat menarik untuk konglomerat media, mengingat menurunnya jumlah pelanggan TV berbayar saat ini. Selain itu, Apple sendiri jga berambisi untuk membuat kembali video hiburan, dan berjuang untuk menemukan campuran yang tepat dari saluran untuk menarik kabel-pemotong dengan hanya biaya sekitar US$ 40.

Negosiasi antara penyedia konten dan perusahaan TV berbayar sering tarik. Dish Network Corp menghabiskan tahun mengamankan bundel kecil saluran kabel untuk layanan yang disebut Sling TV. Diperkenalkan pada bulan Januari, itu termasuk Disney Co. ESPN dan Time Warner Inc TNT dan beberapa saluran hidup lainnya dengan biaya US$ 20 per bulan.

Sebuah layanan TV dapat menghasilkan US$ 2 miliar hingga US$ 3 miliar dalam pendapatan pada tahun 2018, kata Daniel Ives, analis FBR Capital Markets. Jumlah tersebut relatif tidak besar untuk Apple yang menampung sekitar US$ 233-miliar dalam penjualan untuk tahun fiskal yang berakhir pada bulan September, tetapi layanan TV akan menjadi penting dalam membantu perusahaan menjadi satu-stop shop untuk hiburan.

 

Tags: , ,


COMMENTS