August 20, 2015

Amerika Baru Saja Rayakan Hari Pengemudi Truk Nasional

Penulis: Elizabeth Swanti
Amerika Baru Saja Rayakan Hari Pengemudi Truk Nasional  

MOBITEKNO – Bagi negara dengan wilayah daratan yang luas, truk merupakan sarana transportasi perdagangan yang penting. Tingginya angka kecelakaan bagi truk dan pengemudi truk mendorong American Trucking Associations, organisasi yang menaungi para pengemudi truk di Amerika Serikat untuk mengadakan Kejuaraan Nasional mengemudi Truk dan National Step Van Driving Championships yang diadakan selama tiga hari berturut-turut sejak 15 Agustus hingga Selasa, 18 Agustus 2015.

Selama tiga hari, kompetisi ini menguji pengetahuan pengemudi truk mengenai keselamatan, peralatan, industri truk, dan keterampilan mengemudi.

"Pesaing di National Truck Driving Championship menunjukkan komitmen pengemudi truk di seluruh Amerika akan keselamatan mereka dan pengguna jalan raya," kata Presiden ATA dan CEO Bill Graves sebagiamana dilansir melalui siaran persnya.

Dianggap sebagai "Super Bowl Keselamatan", para pengemudi tersebut akan bersaing untuk memenangkan lima dalam tujuh dari delapan kategori yang dikompetisikan. Mereka akan berafiliasi untuk menyelesaikan rintangan yang dirancang khusus untuk menentukan pengemudi terbaik.

Kategori yang diperlombakan antara lain Tank Truck Class, Twins Class, Sleeper Berth Class, Flatbed Class, Step Va Class, hingga Straight Truck Class. Masing-masing pengemudi terbaik dari sembilan kategori akan memperoleh penghargaan. Sementara satu akan diberi gelar 2015 Bendix National Truck Driving Championships Grand Champion.

 Ini merupakan kompetisi pertama kalinya yang digelar, namun jelas memberikan respon positif dari banyak pengemudi truk di wilayah paman sam tersebut.

Sepertinya cara ini patut dilakukan juga di Indonesia, mengingat tingginya angka kecelakaan akibat truk selalu terjadi akibat kelalaian pengemudi serta struktur wilayah transportasi.

 

Tags: , ,


COMMENTS