October 19, 2015

Commvault: Perusahaan Tidak Perlu Khawatirkan Keamanan TI untuk Perangkat Mobile

Penulis: Desmal Andi
Commvault: Perusahaan Tidak Perlu Khawatirkan Keamanan TI untuk Perangkat Mobile  

MOBITEKNO – Saat ini, mobilitas sudah menjadi salah satu bagian penting dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Hal yang sama juga berlaku di perusahaan-perusahaan besar. Semakin berkembangnya data membuat solusi cloud dan mobile menjadi pilihan menarik untuk menajemen data.

Mobile dan cloud memang sudah menjadi kekuatan penting dalam manajemen data. Namun sayangnya, akses untuk mendapatkan hal tersebut masih banyak dibatasi oleh perusahaan, terutama yang menyangkut kerahasiaan data. Padahal, hampir semua orang ingin berbagi informasi dengan mudah di perusahaan,tetapi tanpa harus melupakan unsur keamanan.

Hal inilah yang dicermati Commvault sebagai perusahaan yang menangani banyak data di berbagai perusahaan di dunia. CommVault melihat bahwa fungsi berbagi bukan merupakan perkara yang mudah, apalagi jika jumlah informasi yang ada di perangkat mobile jumlahnya lebih banyak dibandingkan di pusat data. Sementara para pengguna perangkat mobile menginginkan hal yang nyaman dan mudah untuk berbagai datanya tersebut ke koleganya.

Sampai saat ini untuk memberikan akses berbagai dalam lingkaran data perusahaan, seringkali para pengelola TI memikirkan berbagai pertanyaan seperti seberapa penting data yang ada di perangkat mobile, untuk apa data digunakan, atau risiko apa yang ada di data tersebut.

Menurut Commvault, untuk memecahkan masalah yang banyak ditemukan di perusahaan ini, transparansi merupakan kuncinya. Ketersediaan luas jaringan yang cepat dan teknologi deduplikasi modern juga bisa dimanfaatkan untuk solusi ini. Dengan demikian, informasi yang ada di laptop pengguna bukan lagi menjadi hambatan.

Selain itu, organisasi perlu benar-benar transparan tentang apa yang dikumpulkan dan bagaimana itu digunakan, dengan anggaran dasar mengenai privasi yang dibuat untuk karyawan.

 

Tags: , ,


COMMENTS