September 19, 2015

Turtle Glass: Kaca Tahan Banting Samsung Alternatif Gorilla Glass

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Turtle Glass: Kaca Tahan Banting Samsung Alternatif Gorilla Glass  

MOBITEKNO – Samsung diketahui sedang mengembangkan kaca tahan banting, tahan pecah, dan tahan gores yang tidak kalah dibandingkan Gorilla Glass dari Corning yang umumnya digunkan pada layar smartphone dan tablet.

Menurut laporan GSMArena, Samsung dikabarkan telah mendaftarkan patennya untuk produk pelindung kaca bernama Turtle Glass yang akan diigunakan pada berbagai handphone, tablet, audio player, kamera, dan perangkat mobile dengan layar lainnya.

Selain menguasi proses manufaktur semikonduktor, kemandirian Samsung dalam memasok berbagai komponen untuk berbagai produknya bukanlah hal mengejutkan. Simak saja perangkat-perangkat elektronik saat ini, seperti TV, radio, kulkas, AC, PC, notebook, dan masih banyak lainnya biasanya ada aroma ‘samsung’ di dalam komponennya.

Di antara produsen smartphone pun, Samsung bisa dikatakan paling independen dalam hal teknologi layar, RAM, flash storage, hingga chip di dalamnya. Masih segar diingatan kita bagaimana Samsung memutuskan mendesain dan memproduksi sendiri chip Exynos 7420 saat chip Snapdragon 810 dari Qualcomm dianggap mereka kurang ‘cocok’ untuk digunakan pada smartphone flaghship-nya, Galaxy S6, Edge, Plus, dan Note5.

Berbicara mengenai lapisan kaca pelindung layar smartphone, Corning Gorilla Glass bisa disebut jenis kaca pelindung yang paling banyak digunakan para produsen smartphone. Selebihnya, mungkin hanya ada beberapa jenis lainnya, seperti kaca Dragontrail buatan Asahi (digunakan smartphone Sony) atau Schott AG Xensation (pernah digunakan smartphone Huawei).

Sebenarnya masih ada satu lagi jenis kaca super kuat, yaitu sapphire glass yang sayangnya belum diimplementasikan di layar smartphone (hanya diterpakan pada kaca lensa) karena pertimbangan mahalnya ongkos produksi.

Apabila Samsung akhirnya menggunakan lapisan kaca Turtle Glass buatan sendiri sebagai alternatif pengganti Gorilla Glass dampak positifnya adalah menurunnya ongkos produksi (karena tidak perlu membeli dari pihak ketiga) smartphone dan peluang menjual produknya Turtle Glass ke produsen OEM smartphone lainnya.

 

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS